Monday, 27 April 2015

Ajak Warga Peduli Kebersihan Sungai, Bupati Anas Siapkan Hadiah Sapi

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas
Banyuwangi (Zonasatu) - Pemandangan di Kali Lo, Banyuwangi pada Minggu (26/4/2015) pagi berbeda dari biasanya. Ratusan warga dan Forpimda terlihat 'nyemplung' kali atau sungai sambil membawa kantung plastik. Mereka bersiap menjaring sampah yang bisa menyumbat aliran sungai.

Aksi yang juga dilakukan serentak di 24 kecamatan ini salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk menggugah kepedulian warga terhadap kebersihan lingkungan serta merubah kebiasan pola hidup menjadi lebih sehat yang dikemas dalam Festival Kali Bersih sebagai lanjutan dari Festival Toilet Bersih yang dicanangkan Januari lalu.

Dengan kegiatan peduli lingkungan, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bercita cita warga Banyuwangi tidak lagi menjadikan sungai sebagai tempat membuang sampah tapi menjadi bagian dari halaman rumah yang harus dijaga kebersihannya. 

"Untuk merangsang, kami siapkan hewan ternak sapi sebagai hadiah. Penilainannya akan di nilai secara diam-diam," kata Anas pada detikcom disela sela kegiatan.

Selain bersihkan sungai, kegiatan yang juga diikuti oleh TNI, Polri, pelajar dan mahasiswa ini juga menebar 10 ribu bibit ikan nila di sepanjang Kali Lo. Penulis dan komedian Raditya Dika juga ikut 'nyemplung' kali.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Banyuwangi Guntur Priambodo mengungkapkan, saat ini ada 116 sungai di Banyuwangi yang kualitasnya bervariasi. Wilayah perkotaan rata-rata volume airnya berdebit kecil serta kualitas airnya belum layak dikonsumsi manusia. 

Namun sungai yang berada di pedesaan rata-rata berdebit besar dengan kualitas air yang bisa digunakan untuk budidaya perikanan. Di festival yang rencananya akan digelar rutin tiap tahun ini, akan dilombakan gerakan membersihkan sungai dengan beberapa kategori. 

Di antaranya kategori sungai yang sudah bersih dari sampah limbah domestik maupun pembuangan industri. Selain itu, ada kategori pemanfaatan sepadan sungai untuk penanaman pohon.

Dia menambahkan, untuk menjaga kualitas air di mata air, Pemkab Banyuwangi telah menanam sedikitnya 21.000 bibit berbagai jenis pohon.

"Besarnya partisipasi masyarakat juga akan dilombakan di sini, sejauh mana mereka peduli akan kebersihan sungai. Lewat festival ini, kami ingin sungai-sungai ini bisa meningkat kualitasnya," pungkas Guntur.(Detik)

BAGIKAN

0 comments: