Friday, 17 April 2015

Dukungan Mau Tse Tung Dalam G30S/PKI

Mao Tse Tung
Dalam peristiwa G30S/PKI yang merenggut nyawa para jenderal dan perwira pertama TNI AD sudah bukan rahasia lagi jika PKI yang saat itu berporos pada komunis RRC mendapat dukungan penuh dari Mao Tse Tung.

Hal ini dapat diketahui saat 5 Agustus 1965 DN. Aidit bertemu dengan Mao Tse Tung di Zhongnanhai RRC selain membicarakan tentang kesehatan Presiden RI Soekarno juga berkeluh kesah tentang minimnya dukungan jenderal – jenderal di tubuh AD dan berpotensi menjadi penghalang kegiatan – kegiatan PKI di Indonesia.

Mendengar keluhan DN. Aidit, Mao Tse Tung seketika bereaksi dan dengan lantang memberi jawaban, “Kamu harus bertindak cepat, baiklah lakukan apa yang saya nasehatkan kepadamu : Habisi para jenderal dan para perwira reaksioner itu dalam sekali pukul. Angkatan Darat lalu akan menjadi seekor naga yang tidak berkepala dan akan mengikutimu. Di Shensi Utara saya membunuh 20.000 orang kader dalam sekali pukul saja”.

Sekembalinya DN. Aidit dari RRC, rencana serangan terhadap para petinggi AD mulai disusun serapi mungkin dan selalu dirapatkan di markas besar PKI Jalan Keramat Jaya. Dalam rapat tersebut selain membicarakan tentang pengorganisasian partai yang bertugas memukul para jenderal yang dianggap tidak loyal juga merencanakan Kudeta 30 September 1965 dengan isu adanya Dewan Jenderal.(HL)

BAGIKAN

0 comments: