Sunday, 12 April 2015

Duo Spanyol Jadi Aktor Kebangkitan Manchester United

Zonasatu.co.id - Sepekan lalu, Ander Herrera mengukir gol ketujuhnya untuk Manchester United dalam musim ini ke gawang Aston Villa. Kerja sama apiknya dengan Juan Mata kala itu membuahkan gol penutup kemenangan United atas Villa dengan skor keseluruhan 3-1 pada menit ke-90+2. Total, pada laga tersebut, mantan penggawa Athletic Bilbao tersebut mencetak dua gol.
Fakta itu mempertegas semakin padunya kolaborasi Mata dan Herrera. Sebab, apabila ditarik lagi ke belakang, Herrera sudah pernah membalas ’’bantuan’’ Mata saat United menang 2-1 atas Arsenal sepekan sebelumnya (22/3).
Lantas, apa rahasia di balik kompaknya permainan dua pemain yang baru berkolaborasi musim ini di United itu? Kuncinya adalah kebersamaan. Selain sama-sama dari Spanyol, keduanya pernah bermain untuk timnas Spanyol usia muda dalam beberapa tahun.
Karena itu, keduanya mengerti satu sama yang lain. Bahkan, begitu dekatnya Mata dengan Herrera seperti punya ikatan batin. ’’Tanpa harus berbicara satu sama yang lain atau tidak harus menengok, saya sudah bisa memberikan umpan yang akurat kepadanya (Herrera, Red),’’ ujar Mata kepada situs resmi Manchester United.
Usia Mata dengan Herrera hanya terpaut setahun. Mata berusia 26 tahun, sedangkan Herrera 25 tahun. Mata mengatakan, karir Herrera di Premier League bersama United akan bersinar dengan performa melejitnya pada musim pertamanya. Dia percaya kualitas Herrera bakal banyak membantu United.
Hingga kini, selain tujuh gol, Herrera sudah menyumbangkan lima assistuntuk menyegel posisi inti di skuad Louis van Gaal. ’’Di mata saya, dia (Herrera, Red) adalah cerminan pemain genius, pemain berkualitas. Gembira bisa bermain dengan dia di sini,’’ ungkapnya.
Menurut dia, performa yang ditunjukkan dalam dua laga Premier League sebelumnya bisa terulang di laga derby kontra Manchester City di Old Trafford malam nanti. Pada laga tersebut, keduanya sama-sama tidak punya kendala apa pun dan bisa dimainkan sejak menit pertama.
Uniknya, itu adalah derby Manchester pertama di Old Trafford yang dijalani dua pemain tersebut. ’’Kami harus semakin yakin betapa pentingnya pertandingan derby ini. Hanya dengan tiga angka kami bisa memperpanjang nafas untuk bersaing di tiga besar klasemen sementara,’’ klaimnya.
Moncernya performa Mata dan Herrera membuat keduanya diminati klub-klub besar. Mata, kabarnya, sudah didekati beberapa klub di Primera Division. Herrera malah sudah menolak untuk balik ke Spanyol. Tawaran dari Barcelona sudah dia lewatkan. Sekalipun belum genap semusim, dia sudah merasa cocok dengan iklim sepak bola di Premier League. Itu dia ungkapkan di Express.
Pemain binaan akademi sepak bola Real Zaragoza itu mengagumi kekuatan fisik pemain Inggris di Premier League. ’’Di satu sisi, kekhawatiran cedera bisa saja muncul. Tetapi, di sisi lain, tantangan inilah yang diinginkan fans. Semangat seperti itu yang melekat di diri saya sejak datang di sini,’’ papar Herrera.
Menurut dia, Marcelo Bielsa-lah yang membuka jalannya untuk memikirkan langkah ke Premier League awal musim 2014–2015 ini. Bielsa adalah mantan arsitek Bilbao sejak 2011 hingga 2013. ’’Sekarang saya benar-benar jatuh cinta dengan Premier League. Respek besar untuk pertandingan, aturan, dan pemain yang tidak mau diving,’’ lanjutnya.
Herrera yang didatangkan ke Old Trafford dengan nilai transfer GBP 28 juta (Rp 529,6 miliar) itu tidak mempersoalkan apabila nanti dirinya dibangkucadangkan lagi oleh Van Gaal. ’’Kalaupun tidak menjadi starter, saya berusaha membesarkan hati dengan mengatakan, saya masih punya waktu lima tahun di sini, bukan beberapa bulan,’’ tegasnya.(Jawapos)

BAGIKAN