Thursday, 9 April 2015

HUT ke-50 Lemhannas Siapkan Skenario Indonesia 2045

Zonasatu.co.id - Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan rutin 'Coffe Morning' di Ruang Nusantara, Gedung Lemhannas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (9/4/2015).

Kegiatan ini sebuah rangkaian sosialiasi untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Lemhannas ke-50. Selain hal tersebut, dalam kegiatan ini juga dipaparkan 'Skenario Indonesia tahun 2045: Perkiraan Peluang dan Tantangan Pembangunan di Masa Depan'.

Dalam sambutannya, Gubernur Lemhannas, Budi Soesilo Supandji mengatakan, Lemhanas telah menyiapkan tim kajian skenario untuk Indonesia di tahun 2045. Tim tersebut sudah membuat empat skenario untuk Indonesia di tahun 2045.

"Kita buat skenario untuk Indonesia 2045, tim sudah membuat skenario 1, 2, 3, dan 4. Itu berdasarkan masukan dari seluruh stekholder, ini dari tim kajian indonesia skenario 2045," ujarnya.

Pria kelahiran Yogyakarta 60 tahun silam itu, mengungkapkan, kajian ini bukan semata-mata dari pejabat struktural Lemhannas. "Skenario Indonesia 2045 ini bukan semata-mata dibuat pejabat struktural Lemhannas. Draft awal akan dikeluarkan dalam HUT (Hari Ulang Tahun) Lemhannas nanti," terangnya.

Sekadar diketahui, Presiden pertama Soekarno menetapkan 20 Mei 1965 sebagai hari berdirinya Lemhannas ini. Tanggal tersebut bertepatan dengan peringatan bersejarah untuk Hari Kebangkitan Nasional Indonesia.

Dari pemaparan tim Skenario Indonesia 2045 diketahui, tim telah menyiapkan empat skenario. Keempat skenario tersebut dinamai dengan mata air, sungai, kepulauan, serta air terjun. Skenario ini merupakan kisah tentang beragam kemungkinan yang dapat terjadi dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia 2045.(Okezone)

BAGIKAN

0 comments: