Monday, 6 April 2015

Militer China Dilengkapi 3 Kapal Selam Nuklir Canggih

Militer China kini dilengkapi tiga kapal selam nuklir canggih, setelah tiga kapal selam itu rampug dibuat. Tiga kapal selama nuklir China ini diklaim mampu meluncurkan rudal anti-kapal secara vertikal.
 
Gambar citra satelit yang disiarkan Stasiun Televisi Centra China menunjukkan tiga kapal selam berlabuh di sebuah pelabuhan yang lokasinya dirahasiakan. Menurut laporan China Daily, Senin (6/4/2015), kapal-kapal selam tipe 093G baru saja rampung dibangun dan siap dikirim untuk melayani Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China.
 
Kapal selam tipe 093G merupakan kapal selam versi lanjutan dari kapal selam China generasi kedua, yakni kapal selam tipe 093. Dibandingkan dengan varian kapal selama tipe 110-m, kapal tipe 093G memiliki lambung lebih luas. Fungsinya untuk memberikan ruang bagi sistem peluncuran rudal secara vertikal.
 
Angkatan Laut China dalam situs resminya menyatakan, kapal selam baru itu dilengkapi peluncur untuk rudal supersonik YJ-12 yang bisa ditembakkan secara vertikal. Rudal itu mampu membawa hulu ledak seberat 300 kilogram. Kapal itu juga mampu bermanuver dengan kecepatan hingga Mach 3 sebelum menyerang target.
 
“Kapal selam tipe 093G memiliki kecepatan yang meningkat dan kebisingan yang berkurang dibandingkan dengan kapal selam versi biasa,” klaim Angkatan Laut China dalam situs resminya.
 
Angkatan Laut China sebenarnya sudah memiliki kapal selam tipe 093 yang saat ini sudah dioperasikan. China juga memiliki tiga kapal selam tipe 091s yang sudah tua. Selain itu, China juga memiliki empat kapal selam tipe-094 yang dilengkapi rudal nuklir JL-1 atau JL-2. Sedangkan kapal selam tipe terbaru, yakni tipe 095 sedang dibangun oleh China.(Sindo)

BAGIKAN

0 comments: