Monday, 6 April 2015

Sekutu pimpinan Saudi sebar persenjataan di Yaman lewat udara

Aden - Pesawat tempur sekutu pimpinan Arab Saudi, yang melancarkan serangan terhadap milisi Houthi di Yaman, pada Jumat memasok persenjataan menggunakan parasut kepada pejuang, yang mempertahankan Aden dari kelompok Syiah itu, kata pejuang setempat. 

Senjata ringan, peralatan telekomunikasi serta granat berpelontar roket, diturunkan di Tawahi, distrik di tepi semenanjung Aden, yang masih dikuasai pejuang setia kepada Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi, kata mereka seperti dikutip Reuters.

Surat kabar pendukung Hadi, "Aden al-Ghad", memuat gambar memperlihatkan setidak-tidaknya satu peti kayu di parasut. Koran itu mengatakan paket tersebut mendarat di Aden.

Warga setempat terlihat menaikkan peti tersebut ke mobil truk.

Kelompok Houthi, yang bersekutu dengan Iran beserta pendukung-pendukung mereka, masuk hingga ke jantung Aden pada Kamis walaupun koalisi pimpinan Saudi sebelumnya telah melancarkan serangan-serangan udara selama sepekan. Koalisi berupaya membendung pergerakan mereka dan pada akhirnya ingin mengembalikan Hadi ke kursi kekuasaan. 

Aden merupakan benteng utama terakhir yang dimiliki para pejuang yang loyal kepada Hadi. 

Hadi sendiri pergi meninggalkan kota tersebut delapan hari lalu dan mengamati dari negara tetangganya, Arab Saudi, di saat kekuasaan yang masih dimilikinya rontok dalam menghadapi kemenangan-kemenangan Houthi. (Antara)

BAGIKAN

0 comments: