Friday, 17 April 2015

Taktik Biro Khusus PKI Mempengaruhi Omar Dhani

Sebagai partai politik yang dikenal cukup agresif dan militan, tidak heran jika PKI didalam organisasinya memiliki kemampuan intelijen yang cukup bagus untuk mempengaruhi tokoh – tokoh penting dan strategis, seperti yang pernah di lakukan oleh Biro Khusus dibawah Syam Kamaruzaman.

Untuk mendekati eks Laksamana Omar Dhani, Syam Kamaruzaman sampai terjun langsung kelapangan dengan menyamar sebagai penjual lukisan. Sebelumnya Syam sudah mempelajari kegemaran Omar Dhani yang suka mengkoleksi lukisan dirumahnya dan saat itu kedudukan Omar Dhani belum sebagai pemimpin tertinggi di tubuh AURI.

Setelah beberapa kali Syam mengunjungi rumah Omar Dhani, Syam mengatakan kepada Omar Dhani jika tidak lama lagi dirinya akan menjadi pimpinan tertinggi di AURI. Dan tidak lama sekembalinya dari rumah Omar Dhani, Syam kemudian menemui DN. Aidit Ketua CC PKI agar meminta ke Presiden Soekarno menjadikan Omar Dhani sebagai pimpinan tertinggi di AURI.

Setelah Omar Dhani menempati posisi strategis di AURI, Syam dengan penyamarannya sebagai penjual lukisan kembali mendatangi rumah Omar Dhani untuk mengucapkan selamat. Omar Dhani sangat terkesima dan percaya pada si penjual lukisan tersebut tanpa sadar dirinya telah menjadi binaan orang – orang PKI, sehingga sebagai imbal baliknya Omar Dhani akan memenuhi semua permintaan si penjual lukisan yang tak lain adalah Syam Kamaruzaman.  

Dengan begitu PKI secara samar berhasil melakukan penetrasi ke dalam tubuh angkatan bersenjata dan mempengaruhi perwiranya untuk bergabung dengan gerakan PKI. Total ada sekitar 600 perwira TNI yang berhasil dibina PKI dan siap digerakkan untuk mempermudah manuver yang direncanakan PKI.(HL)

BAGIKAN

0 comments: