Sunday, 12 April 2015

Toyota Astra Motor Terpilih Sebagai Perusahaan Otomotif - Dengan Pusat Layanan Pelanggan Terbaik

Jakarta, zonasatu.co.id - Toyota Astra Motor berhasil mempertahankan gelar tertinggi sebagai perusahaan dengan pusat layanan pelanggan terbaik di Indonesia, dalam 4 tahun bertutur-turut, pada ajangContact Center Service Excellence Award 2015, untuk kategori Call Center Industri Otomotif Kendaraan Roda Empat.

Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Suparno Djasmin, menyebutkan bahwa di tengah pergeseran ekspektasi pelanggan dan kompetisi pasar yang semakin ketat, Toyota berkomitmen untuk selalu memberikan kepuasan bagi para pelanggan setia.

“Kepuasan pelanggan merupakan kunci keberhasilan Toyota selama ini. Oleh karenanya, Toyota akan terus meningkatkan kualitas pelayanan, salah satunya melalui contact centerterbaik sebagai salah satu medium untuk mengakomodasi kebutuhan para pelanggan,” ujar Suparno Djasmin, mengomentari penghargaan yang diterima Toyota, hari ini.

Kepuasan pelanggan, menurut Suparno Djasmin, menjadi prioritas utama Toyota dalam memberikan pengalaman terbaik dalam kepemilikan kendaraan Toyota, atau yang biasa dikenal dengan prinsip The Best Total Ownership Experience.

Dia mengatakan bahwa beragam bentuk layanan penjualan dan purna jual yang dihadirkan Toyota selama ini, merupakan salah satu kesatuan dari komitmen Toyota dalam memberikan yang terbaik kepada pelanggannya.

Menurut dia, salah satu tantangan besar yang dihadapi Toyota di masa depan, yaitu meningkatnya ekspektasi pelanggan. Sehingga, area purna jual yang menjadi komitmen kuat Toyota selama ini, mendapatkan tantangan untuk memberikan layanan servis terbaik.

Oleh karenanya, lanjutnya, berbagai aktivitas Kaizen (countinous improvement), terus dilakukan untuk menjawab tantangan, serta demi memberikan peningkatan dan perbaikan layanan kepada para pelanggan.

“Kami bersyukur upaya kami mendapat apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya melalui ajang Contact Center Service Excellence Award 2015. Penghargaan ini akan semakin memacu Toyota untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan setia karena pelayanan yang prima akan menjadi kunci bagi kesuksesan yang berkelanjutan di masa depan,” tuturnya.
Sementara itu, Deputy Director Aftersales Toyota Astra Motor, Widyawati, menyebutkan bahwa selama ini Toyota Astra Motor senantiasa memberikan kemudahan bagi para pelanggan setia dalam mendapatkan informasi mengenai produk dan layanan Toyota.

Call center Toyota, kata Widyawati, dapat dihubungi oleh pelanggan setia Toyota melalui sambungan telpon 24 jam ke nomor 0807-1-898-898 maupun melalui e-mail ke customer-care@toyota.astra.co.id.

Selain melalui media tersebut, lanjutnya, pelanggan juga dapat mendapatkan informasi mengenai berbagai produk, teknologi, dan layanan Toyota melalui situs resmi www.toyota.astra.co.id ataupun melalui akun sosial media Toyota yang ada di Facebook dan Twitter.

Penghargaan ini diberikan oleh Majalah Service Excellence yang bekerja sama dengan Carre-Center for Customer Satisfaction and Loyalty (CCSL), yang merupakan konsultan pembangunancustomer centric culture.

Kemajuan teknologi telah mengubah cara pelanggan dalam mengakses layanan suatu perusahaan. Layanan virtual yang diberikan oleh suatu perusahaan salah satunya lebih dikenal dengan sebutanContact Center.

Melalui contact center, pelanggan akan diberikan kemudahan untuk mendapatkan akses terhadap produk dan layanan yang disediakan, selain dengan kunjungan langsung atau menggunakan media lainnya seperti email, serta social media seperti Facebook dan Twitter.

Toyota Astra Motor sebagai distributor Toyota di Indonesia sangat memperhatikan setiap jenis layanan agar kepuasan pelanggan tetap terjaga. Penghargaan ini diraih melalui comprehensive longitudinal quality monitoring study yang dilakukan oleh Carre-Center for Customer Satisfaction and Loyalty (Carre-CCSL) terhadap lebih dari 320 contact center di Indonesia.

Metode riset yang dilakukan adalah penilaian kinerja contact center dengan melakukan mystery customers ke call center, customer service email centers, Facebook, Twitter, serta ATM dan internet banking khusus bagi perusahaan perbankan. Masa pemantauan dilaksanakan sepanjang Juli—Desember 2014, dengan rata-rata delapan sample setiap bulannya.

Selain mendapatkan penghargaan pada Contact Center Service Excellence Award 2015, sepanjang 2015 Toyota Astra Motor sudah berhasil mendapatkan 15 gelar prestisius lainnya yang berasal dari berbagai institusi.

Penghargaan tersebut antara lain tiga penghargaan dari Top Brand Award 2015 untuk Toyota Avanza dan Toyota Kijang Innova dari kategori MPV, serta Toyota Yaris dari kategori City Car.

Toyota mendapatkan lima penghargaan dari Net Promoter Customer Loyalty Award 2015 untuk Toyota Avanza dari kategori Low MPV, Toyota Kijang Innova dari kategori MPV, Toyota Yaris dari kategori Hatchback, Toyota Rush dari kategori Compact SUV, serta Toyota Fortuner dari kategori SUV.

Sementara itu, dari ajang Indeks Kebahagiaan Berkendara Award 2015, Toyota memboyong enam penghargaan sekaligus, yaitu Toyota Avanza untuk kategori Low MPV dan Special Award, Toyota Rush untuk kategori Small SUV, Toyota Kijang Innova untuk kategori Mid MPV, Toyota 86 untuk kategori Sport Car, serta Toyota Hilux D-cab untuk kategori Double Cab.

Penghargaan bergengsi lainnya yang diterima pada tahun ini adalah Customer Service Excellence Award (CSEA) yang diberikan oleh Toyota Motor Corporation kepada Toyota Astra Motor sebagai salah satu distributor terbaik di dunia dalam hal layanan pelanggan.

CSEA merupakan penghargaan yang diberikan kepada distributor Toyota yang telah mencapai hasil optimal dalam meningkatkan kompetensi customer service secara keseluruhan. TAM sendiri mendapatkan Outstanding CSEA yang dinilai dari berbagai aspek yang dikelompokkan dalam beberapa kategori.

BAGIKAN