Sunday, 12 April 2015

Unsur Guspurlaarmabar Dukung Latpratugas Ops Pamtas Indo-Thai 2015

ABK KRI Tjiptadi-381 sedang melaksanakan latihan
di atas geladak kapal 
Jakarta -  Unsur Gelar BKO Guspurla Koarmabar KRI Tjiptadi-381 dan KRI Sigalu-857 mendukung kegiatan Latpratugas Ops Pamtas Indo-Thai 2015 yang di laksanakan di perairan Belawan, baru-baru ini. Latihan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel TNI AL/Koarmabar dalam melaksanakan operasi pengamanan wilayah laut perbatasan, serta menyatukan visi antara TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Kerajaan Thailand untuk mengurangi serta mengatasi permasalahan yang mungkin terjadi saat pelaksanaan operasi.

Seperti diketahui bahwa situasi wilayah laut perbatasan antar negara seringkali menjadi lintasan yang paling efektif bagi pihak-pihak yang ingin melakukan tindak kejahatan seperti, penyelundupan, perompakan illegal logging, illegal  fishing maupun tindak kejahatan  yang lainnya. Hal ini disebabkan kurangnya pengawasan serta tindakan pengamanan oleh aparat keamanan setempat yang bertugas menegakkan hukum dan kedaulatan negara di laut.


Guspurla Koarmabar dalam kegiatan ini menugaskan dua unsur gelarnya yakni KRI Tjiptadi-381 dan KRI Sigalu-857. Diharapkan hasil latihan ini akan dapat meningkatkan pelaksanaan operasi laut di wilayah perbatasan dengan negara tetangga guna menekan tindak kejahatan di laut. Dalam hal operasi pengamanan laut, selama ini TNI Angkatan Laut  telah bekerja sama dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, India termasuk dengan Thailand.(Dispen Koarmabar)

BAGIKAN

0 comments: