Monday, 4 May 2015

DPR-RI: kepala daerah harus nasionalis

Anggota DPR RI Ahmad Basarah
Jakarta (Zonasatu) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Ahmad Basarah, mengungkapkan saat ini para kepala daerah di Indonesia harus memiliki jiwa nasionalis dalam memimpin daerah.

"Menjadi seorang kepala daerah, jangan hanya menjadi pemimpin bagi golongan dirinya berasal, ini dapat menimbulkan perpecahan di antara masyarakat," kata Ahmad, di Ratahan, Senin.

Dia mengatakan sudah menjadi tugas dan kewajiban dari setiap kepala daerah untuk menjadi pemimpin bagi masyarakat yang berasal dari berbagai macam berlatar belakang.

"Makanya semua pemimpin atau kepala daerah itu haruslah orang nasionalis, dan jika itu diingkari maka tidak lagi sesuai dengan sejarah bangsa ini," tegas Basarah.

Dia mencontohkan peran para pendiri bangsa ini, mempunyai jiwa nasionalis meski berasal dari berbagai latar belakang suku, agama, dan daerah, yang mempunyai komitmen kuat menjaga keutuhan NKRI.

"Seperti jasa dari Pak Maramis dari Sulawesi Utara, dan tokoh-tokoh Indonesia timur lainnya, yang memintakan persamaan, sehingga saat ini kita bisa bersama sebagai saudara sebangsa," terang Basarah.

Dia pun memintakan agar para kepala daerah saat ini, harus bersikap orang nasionalis sebagai pemimpin.

"Dan menjadi tanggung jawab kita semua untuk menjadi orang-orang nasionalis untuk tetap menjaga bangsa ini dari perpecahan," tandas Basarah.(Antara)

BAGIKAN