Saturday, 9 May 2015

Ekonomi Indonesia Mundur Teratur, Memburuk Sejak 2009

Kondisi pasar tradisional gang baru di Semarang
Zonasatu.co.id - Negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia, mengalami pelemahan pada laju ekonominya tahunannya. Ini adalah kali kedua sejak mengalami pelemahan pada kuartal pertama tahun 2009 yang lalu. 

Ekonomi Indonesia kembali melemah dan hanya tumbuh 4,7% dari Januari sampai Maret dibanding tahun lalu. Pemerintah indonesia menegaskan, pelemahan pertumbuhan ekonomi ini disebabkan oleh permintaan yang melambat untuk ekspor dan penurunan harga minyak mentah dunia. 

Glenn Maguire, kepala ekonom Asia untuk ANZ, mengatakan. Data yang ada menegaskan pandangan bahwa ekonomi Indonesia berjuang untuk menemukan "dasar". "Memang, tampak bahwa pemerintah akan mencoba untuk mengandalkan kebijakan fiskal, mengedepankan belanja infrastruktur untuk menstabilkan pertumbuhan, "katanya kepada Reuters, Kamis 7 mei 2015

Pelemahan ekonomi ini merupakan pelemahan ekonomi paling buruk sejak lima tahun yang lalu. Selama ini indonesia juga telah berjuang untuk menurunkan besar Defisit transaksi berjalan, yang terjadi ketika negara mengimpor lebih dari besaran ekspor. 

Sebuah langkah untuk mengurangi subsidi minyak juga dituduh sebgai biang kerok lemahnya harga hingga memukul komoditas ekspor. Pasar, untuk sementara , bereaksi negatif terhadap data pertumbuhan yang ada. Indeks saham acuan di Indonesia Jakarta berbalik arah setelah awal sempat memberikan keuntungan sebanyak 1,2% sebelum pengumuman, dan akhirnya jatuh 0,1% hingga penutupan. Ini merupakan performa terburuk rupiah dipasat mata uang Asia tahun ini. Rupiah jatuh ke 13.030 terhadap dolar AS terlemah sejak 1 April.(Fiskal)



BAGIKAN