Saturday, 9 May 2015

Indonesia Berniat Bergabung Kembali Dengan OPEC

Forum Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) 
Zonasatu.co.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman said baru-baru ini mengatakan bahwa pihaknya tengah berupaya untuk meminta persetujuan Presiden Joko Widodo aga dapat kembali bergabung bergabung ke organisasi negara pengekspor minyak (Organization of the Petroleum Exporting Countries) OPEC. Setelah tujuh tahun meninggalkan organisasi pengekspor minyak tersebut. 

Jika disetujui untuk kembali, ini artinya Indonesia akan menjadi negara produsen terkecil keempat dalam Organisasi Negara Pengekspor Minyak setelah Libya, Ekuador dan Qatar, diantara 13 negera anggota OPEC lainnya. 

Indonesia adalah satu-satunya anggota OPEC di Asia selama hampir 50 tahun, sebelum akhirnya memutuskan untuk meninggalkan grup pada tahun 2008 saat kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Keluarnya Indonesia tak lain karena harga minyak mentah dunia mencapai rekor tinggi pada permintaan domestik, dan naik dan turun produksi mengubahnya menjadi net oil importer. 

"Saya akan meminta presiden untuk mempertimbangkan kembali bergabung sebagai anggota OPEC, jadi kami dekat dengan pasar, "kata Menteri Energi Sudirman Said wartawan, Kamis, 7 mei 2015.

Sebelumnya pada tahun 2007 Ekuador juga kembali bergabung menjadi anggota OPEC setelah sebelumnya pernah keluar seperti Indonesia. Menanggapi keinginan pemerintah Indonesia untuk kembali bergabung dengm OPEC. Sebuah sumber terdekat OPEC mengatakan, pintu keorganisasian OPEC selalu terbuka. "Jika suatu negara memenuhi kriteria untuk keanggotaan, tentu saja ada kemungkinan untuk bergabung dengan organisasi, "kata sumber tersebut seperti dikutip Reuters. 

Statuta OPEC sendiri menyatakan, bagaimanapun, bahwa setiap "negara dengan net-ekspor minyak mentah besar, yang memiliki kepentingan mendasar sama dengan negara-negara anggota, mungkin menjadi Anggota Penuh Organisasi tersebut. Dengan syarat jika anggota baru tersebut diterima oleh mayoritas anggota dari tiga perempat anggota tetap, termasuk concurring dari semua Anggota Pendiri.(Fiskal)



BAGIKAN