Sunday, 10 May 2015

Kereta Cepat Singapura-Kuala Lumpur Bakal Tersambung Hingga China

Kereta Cepat
Zonasatu.co.id - Pemerintah China ngebet ingin menggarap proyek kereta cepat yang menghubungkan Kuala Lumpur dengan Singapura sepanjang 350 km. Jaringan kereta cepat tersebut bakal disambungkan dengan jaringan kereta di Kunming, yang merupakan ibu kota Provinsi Yunnan, China.

Konselor bidang Komersial dan Ekonomi Kedutaan Besar China untuk Malaysia, Wu Zhengping mengatakan, bila kereta cepat kedua negara jadi dibangun, pemerintah China berencana menyambungkan Kumming dengan Singapura melalui rel kereta sepanjang 2.700 km. 

Seperti dikutip dari The Star, Minggu (10/5/2015), Dia menyebut, jalur yang diberi nama "Pan-Asian Railway" itu akan melewati Laos, Thailand juga Malaysia.

Namun, Zhengping mengatakan, tak seluruhnya jalur tersebut bakal dilewati kereta cepat, terutama Laos yang jalurnya banyak melewati pegunungan terjal.

Tender untuk proyek yang diperkirakan menelan biaya hingga 40 miliar ringgit ini bakal dilakukan setelah detil proyek diputuskan kedua negara: Malaysia dan Singapura.

Menteri Transportasi Malaysia Datuk Seri Liow Tiong Lai menuturkan, pemerintah Malaysia bakal menerima tawaran dari China. Tender terbuka hanya akan dilakukan setelah detail proyek diputuskan Malaysia dan Singapura.

Dia menyebutkan, kesepakatan antara keduanya bakal ditandatangani akhir tahun ini, dan setelahnya bakal dilakukan studi teknis terlebih dahulu.(DetikNews)

BAGIKAN