Tuesday, 14 July 2015

Parade Pasukan dan Alutsista Warnai Sertijab Panglima TNI

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo berjabat tangan (kiri) dengan mantan Panglima TNI Jenderal Moeldoko
Zonasatu.co.id, Jakarta - Tentara Nasional Indonesia akan memiliki pemimpin baru, Selasa (14/7) ini. Jenderal Moeldoko pensiun. Penggantinya adalah Jenderal Gatot Nurmantyo yang sudah dilantik sebelumnya oleh Presiden Joko Widodo.

Serah terima jabatan panglima TNI hari ini digelar di Plaza Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Sertijab panglima TNI ini ditandai dengan parade ratusan prajurit dari beberapa satuan. Selain itu, sejumlah alutsista juga disiagakan untuk mewarnai penyerahan tongkat komanda TNI dari Moeldoko ke Gatot.

Pusat Penerangan Mabes TNI merilis, alutisista yang akan diparadekan pada upacara sertijab ini adalah empat unit tank Scorpion, empat kendaraan taktis Anoa, empat tank amfibi BMB Marinir, dua unit RM 70 Grad Marinir, tiga unit LVT-7, dua unit pertahanan udara Orlikon Paskhas, dan tiga unit helikopter.

Pantauan CNN Indonesia, upacara ini dihadiri para perwira tinggi TNI dari berbagai satuan. Perwakilan negara tetangga dan beberapa pejabat negara juga terlihat hadir menyaksikan sertijab panglima TNI.

Beberapa petinggi TNI yang terlihat hadir adalah Wakil Kepala Staf TNI Angkaran Darat Letnan Jenderal M Munir, Panglima Kostrad Letnan Jenderal Mulyono dan Kepala Staf Umum TNI Marsekal Madya Dede Rusamsi.

Selain itu tampak hadir pula Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi.

Sebelum jadi Panglima TNI, Gatot adalah Kepala Staf TNI Angakata Darat. Pria asal Tegal, Jawa Tengah ini adalah lulusan Akademi Militer tahun 1982.

Sebelum menjadi KSAD, Gatot pernah menjadi Gubernur Akademi Militer, Panglima Kodam V/Brawijaya dan Panglima Kostrad. Ia adalah calon tunggal yang diajukan Presiden Joko Widodo ke DPR untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Moeldoko. (CNN)

BAGIKAN