Monday, 3 August 2015

Arab Saudi Kecam Iran atas Komentarnya Soal Tetangga Timur Tengah


Riyadh (Zonasatu.co.id) - Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengecam Iran atas statemen-statemen agresif yang dilontarkan negeri Republik Islam itu. Dicetuskannya, Iran menunjukkan sikap permusuhan terhadap negara-negara tetangganya di Timur Tengah.

Hal ini disampaikan Jubeir menanggapi pernyataan juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran sebelumnya, yang menuding Bahrain, sekutu Saudi, membuat tuduhan-tuduhan tak berdasar untuk memancing ketegangan di wilayah tersebut. Hal ini dicetuskan Iran setelah Kementerian Dalam Negeri Bahrain mengumumkan penahanan dua pria yang dituduh mencoba menyelundupkan senjata dari Iran.

"Ini tidak mewakili niat sebuah negara yang menginginkan hubungan baik," cetus Jubeir mengenai pernyataan Iran tersebut, seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (28/7/2015).

"Statemen-statemen seperti ini meningkat dan ada banyak," keluh Jubeir.

Sebelumnya pada Minggu, 26 Juli waktu, Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif menyatakan di Kuwait bahwa beberapa negara menginginkan konflik dan perang. Meski tidak menyebut nama, namun komentar tersebut diyakini mengacu ke Saudi.

Hubungan antara Saudi dan Iran telah lama memburuk, dengan Riyadh menuding Teheran mencoba memperluas pengaruhnya terhadap negara-negara tetangga Arab dan sekutu. Hubungan keduanya kian menegang sejak tercapainya kesepakatan nuklir Iran dengan negara-negara kekuatan dunia beberapa hari lalu. (SRK/Detik)

BAGIKAN