Monday, 3 August 2015

AS Yakinkan Sekutunya di Timur Tengah Bahwa Nuklir Iran Aman


Mesir (Zonasatu.co.id) - Menteri Luar Negeri AS John Kerry memulai lawatan regionalnya ke negara-negara Timur Tengah pada Minggu (2/8/2015). Lawatan tersebut untuk meyakinkan negara-negara sekutu Amerika bahwa kesepakatan nuklir Iran akan membuat mereka lebih aman.

Seperti dilansir AFP, Senin (3/8/2015), Kerry bertemu mantan Duta Besar Mesir untuk AS Sameh Shoukry untuk meningkatkan hubungan antara kedua negara yang sempat bermasalah dengan berbagai dukungan dan janji. Kemudian, ia bertemu dengan Presiden Abdel Fattah al-Sisi sebelum bertolak menuju Qatar untuk memenuhi undangan para menteri luar negeri Teluk Arab.

Mesir dan negara-negara regional lainnya seperti Arab Saudi curiga Iran akan mendestabilisasi mereka. "Tidak perlu ada yang ditanyakan lagi bahwa jika rencana Wina sepenuhnya dilaksanakan, hal itu akan membuat Mesir dan semua negara di kawasan ini lebih aman," kata Kerry dalam konferensi pers bersama dengan Shoukry mengenai kesepakatan nuklir.

"Amerika Serikat dan Mesir mengakui bahwa Iran terlibat dalam kegiatan mendestabilisasi di wilayah tersebut dan itulah mengapa sangat penting untuk memastikan bahwa program nuklir Iran tetap sepenuhnya damai," katanya.

Hubungan antara AS dan Mesir sempat merenggang setelah Kepala Militer Sisi menggulingkan Presiden Islamis Muhammad Mursi pada tahun 2013. Lebih dari 1.000 pendukung Morsi tewas dalam tindakan tersebut dan menewaskan ratusan tentara serta polisi. (SRK/Detik)

BAGIKAN