Thursday, 27 August 2015

BNPT : Malang Sasaran Radikalisme, Lawan Dengan Wawasan Kebangsaan


Malang (Zonasatu.co.id) - Sebagai kota yang memiliki banyak perguruan tinggi, Malang adalah salah satu kota yang tidak luput dari sasaran penyebaran paham radikalisme ISIS. Hal ini dikemukakan oleh Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol Hamidin dalam paparannya di Universitas Brawijaya, Malang, Jatim (27/08/2015). 

Selain itu, Hamidin juga menyebutkan mereka yang berpotensi untuk direkurt menjadi anggota ISIS adalah mereka yang masih berusia antara 21 - 30 tahun.

Dalam proses perkembangannya (rekurtmen) ISIS menggunakan dua cara yaitu dunia maya dan pendekatan langsung terhadap calon korban.

"Malang memiliki banyak perguruan tinggi dan rentan dijadikan sasaran penyebaran paham radikalisme seperti ISIS dan sejenisnya sehingga diperlukan peran mahasiswa untuk melakukan pencegahan" papar Hamidin dihadapan ratusan mahasiswa.

Pernyataan tersebut bukan tanpa alasan, seperti yang dipaparkan oleh Hamidin pada 20 Juli 2014 berlokasi disalah satu masjid wilayah Malang pernah terjadi proses pembaiatan yang dilakukan oleh kelompok radikal yang mendeklarasikan diri sebagai Ansharul Khilafah. Kemudian bulan agustus ditahun yang sama ditemukan sebuah majalah yang memuat visi dan misi ISIS, didalamnya tercantum nomor rekening Bank BCA dan Muamalat yang ditujukan untuk keperluan jihad. Hal ini menandaskan jika Malang adalah salah satu wilayah yang berpotensi dijadikan sebagai lokasi penyebaran paham radikal seperti ISIS dan terorisme. 

Kemudian sebagai langkah dalam membentengi diri dari pengaruh paham radikalisme mahasiswa diminta untuk terus meningkatkan pengetahuannya terutama wawasan kebangsaan. (AS)

BAGIKAN