Saturday, 22 August 2015

Dua Concept Car Daihatsu Pikat Pengunjung GIIAS



Tangerang (Zonasatu.co.id) – Ajang pameran mobil Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 yang digelkar di ICE-BSD, Tangerang, Banten pada 20-30 Agustus 2015 tak hanya memamerkan mobil baru semata, beberapa Agen Pemegang Merek (APM) juga memamerkan concept car untuk menarik minat pengunjung.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang mengedepankan hasil pengembangan kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan sesuai tren otomotif masa depan memajang dua mobil konsepnya. Mobil konsep itu untuk pertama kalinya dipamerkan di dunia (World Premiere Concept Cars). Kedua mobil konsep tersebut adalah Daihatsu FT Concept, dan Daihatsu FX Concept yang menjadi daya pikat pengunjung booth Daihatsu.

FT Concept dirancang sebagai mobil kompak berkapasitas tujuh penumpang yang mengusung konsep desain yang Tough and Masculine SUV. Dengan warna warm silver metallic dan lekukan garis karakter bodi yang tegas, membuat mobil ini semakin terlihat kuat dan gagah. Bagian atap kabin yang mengadopsi konsep panoramic roof, selain menjadikan mobil ini lebih mewah, juga memudahkan pengemudi untuk dapat melihat pemandangan dari dalam kabin.

Desain interior yang bertemakan horizontal, menjadikan interior mobil ini terlihat lebih luas. Pada sisi dashboardterdapat fitur ambient cabin lamp dengan warna biru menyala untuk memberikan suasana dramatis pada pengendara di dalamnya.

Tak hanya itu, mobil ini memiliki dua fitur navigasi yang berada di center cluster dan speedometer untuk mendukung mobilitas pengguna dalam berkendara. Oleh karena itu, kehadiran mobil FT concept sangat tepat bagi keluarga yang berjiwa muda dan menginginkan sebuah kendaraan yang fungsional dan stylish.

Sementara FX Concept hadir dengan konsep urban sporty crossover yang futuristic dan stylish. Dengan garis karakter dinamis, dipadu dengan kilap warna red metallic yang kuat, menjadikan FX Concept sebagai kendaraan compact cross-over yang semakin cocok bagi para pecinta petualang untuk dapat digunakan di berbagai medan.

Seperti halnya FT, crossover concept ini juga berfitur ambient cabin lamp pada area dashboard ditambah panoramic roof pada atap kabin, dengan nuansa interior berbeda. "Kami berharap mobil konsep ini dapat menjadi inspirasi otomotif tanah air dan dapat menunjukkan kemampuan Research and Development Daihatsu," kata Pradipto Sugondo, executive officer R&D ADM.

Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra mengatakan, jika respons masyarakat terhadap desain kedua mobil itu positif maka Daihatsu akan segera melanjutkan keduanya ke tahapan pra produksi berikutnya. Dari setelah desain jadi, kemudian melalui tahap perancangan mesin, pembuatan prototipe, hingga siap produksi setidaknya membutuhkan sekitar 2,5 sampai 3 tahun.

“Jadi untuk sampai ke tahap siap produksi membutuhkan waktu dan proses yang panjang sedikitnya 2,5 - 3 tahun. Kalau maunya sih kita juga cepet-cepet,” kata Amelia dalam jumpa pers pengenalan concept car FT dan FX di booth Daihatsu ajang GIIAS 2015

Dalam pengenalan dua concept car Daihatsu itu, hadir juga Executive Designer Daihatsu Motor Co. Ltd, Jun Nagata. (Noor Irawan Ranoe)

BAGIKAN