Saturday, 29 August 2015

Fastron Offroad Team Absen dari Kejurnas Speed Offroad IXOR?


Jakarta (Zonasatu.co.id) - Kabar mengejutkan datang dari Kejurnas Speed Offroad, Indonesia Xtreme Offroad Racing (IXOR). Memasuki putaran ke-4 yang akhir pekan ini berlangsung di Sirkuit Tembong Jaya, , Serang, Banten, pecinta IXOR sepertinya tidak akan melihat mobil balap berkelir merah putih khas berlogo Fastron, yang biasa dihela Fastron Offroad Team.

Berdasarkan informasi yang diterima SPORTKU, tim yang digawangi oleh Rifat Sungkar, Hans Gunawan dan Riezka Donalsha itu menarik diri dari kompetisi. Hingga akhir batas pendaftaran, Fastron Offroad Team tidak juga terlihat dalam entry list yang dipegang Genta Auto and Sport selaku pelaksana lomba.

Ketidakhadiran Fastron pada Kejurnas speed offroad ini tentu mengundang pertanyaan besar. Pasalnya, hingga seri ke-3 tim ini masih bertenger di peringkat teratas klasemen Kejurnas Tim dengan raihan 42 poin. Pebalap andalan mereka, Rifat Sungkar pun menjadi yang teratas dalam klasemen Juara Umum Nasional.

Dari hasil obrolan SPORTKU, dengan seorang narasumber, absennya Fastron Offroad Team terkait dengan tidak terpenuhinya "komitmen" Fastron sebagai sponsor kepada tim. Hingga seri terakhir di BSD, Fastron tidak juga memenuhi "janji" mereka untuk mengucurkan dana.

Sejak awal tahun, Rifat dan kawan-kawannya membiayai sendiri balapan yang mereka ikuti. Mulai dari membangun mobil sampai pendaftarannya. Padahal, sejak Kejurnas Speed Offroad 2015 yang bertajuk Indonesia X-Offroad Racing ini bergulir pada bulan Maret silam, ketiga mobil sudah dipulas warna dan logo resmi Fastron.

"Memang sebenarnya belum ada penandatanganan kontrak, tim jalan berdasarkan gentlemen agreement, dan janji-janji," ucap narasumber itu kepada SPORTKU.

Dari hasil obrolan dengan beberapa pelaku motorsport, apa yang dilakukan Rifat dan kawan-kawan yang menalangi dulu biaya balapan, adalah hal yang biasa terjadi jika berhadapan dengan produk perusahaan minyak nasional itu.

Entah karena birokrasi yang panjang atau hal lain, penandatanganan kontrak kerap dilakukan seiring kejuaraan bergulir. Bahkan ada pula yang dananya cair setelah kejuaraan selesai. Jika hal itu memang biasa terjadi, lalu kenapa tidak berusaha untuk tetap menunggu?

"Rupiah anjlok, sementara harga spare part balapan kan pakai dollar, ya pasti makin berat lah. Masih bagus pebalapnya tetap mau pakai seragam Fastron tanpa dibayar hingga seri 3 kemarin, dan berhasil meraih juara pula," kata si narasumber.

Belum jelas benar, apakah Fastron Offroad Team absen hanya di Seri 4 atau mundur total dari Kejurnas Speed Offroad tahun ini. Yang jelas di dalam Entry List di seri keempat Rifat Sungkar dipastikan tampil tanpa sponsor. Sedangkan Hans Gunawan dan Riezka Donalsha membawa bendera Troupe Industry. (Noor Irawan Ranoe/Sportku.com)


BAGIKAN