Sunday, 16 August 2015

Masyarakat Kelas Bawah Harus Dilindungi dari Anjloknya Rupiah


Jakarta (Zonasatu.co.id) - Nilai tukar Rupiah atas dolar Amerika Serikat (AS) sangat mengkhawatirkan sekarang ini. Hal ini pun berimbas ke semua aspek kehidupan, hingga masyarakat kelas bawah.

Untuk menolong masyarakat bawah yang terimbas pelemahan rupiah, menurut mantan Menteri Koordinator bidang perekonomian, Hatta Rajasa menyebut, perlu adanya intervensi pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat.

“Di antaranya pemerintah perlu membuat terobosan melalui keep buying strategy. Apa itu? Pemerintah perlu menjaga kemampuan daya beli masyarakat bawah agar tetap bisa memenuhi kebutuhannya,” ungkap Hatta dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (16/8/2015).

Caranya, salah satunya dengan menghapus pajak untuk mereka yang berpendapatan rendah, misalnya yang berpenghasilan Rp3 juta ke bawah, agar daya beli tidak tergerus. Selain itu penguatan sistem pelayanan investasi yang berorientasi mengurangi high cost akan dapat mencegah capital outflow.

Di atas semuanya, Hatta menekankan, semua elemen bangsa harus bersatu, berhenti bertikai dan bekerja keras.

"Hanya dengan itu krisis akan lebih cepat kita lalui dan kita masih bisa merawat optimisme akan adanya perbaikan di masa depan," tutupnya. (CSE/OkeZone)

BAGIKAN