Sunday, 9 August 2015

Menko Maritim Lepas Tim Ekpedisi Puncak Cartenz


Jakarta (Zonasatu.co.id) - Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman RI, Indroyono Soesilo melepas tim ekspedisi Marinir TNI-AL ke Puncak Carstenz, Pegunungan Jaya Wijaya, Papua. Rencananya, di puncak tertinggi di Indonesia itu marinir bakal mengibarkan bendera Merah Putih di hari peringatan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

“Tegakkan bendera Merah Putih untuk membuktikan kedaulatan kita di dasar laut ataupun di puncak gunung tertinggi di Indonesia dengan salju abadi di wilayah tropis,” ujar Indroyono saat pelepasan tim di Lapangan Apel Hartono Marinir Cilandak, Sabtu, 8 Agustus 2015.

Misi tersebut juga bertujuan untuk menyampaikan pesan bahwa TNI akan menjaga setiap jengkal wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di puncak Carstensz, korps marinir juga akan menggelar spanduk bertuliskan Save Our Littoral Coral sebagai program ajakan kepada masyarakat Indonesia untuk menyelamatkan kehidupan di pesisir pantai.

Ekspedisi dipimpin oleh Letnan Kolonel Mar.Ferry Marpaung dengan jumlah 39 personil. Bersama Ferry, terdapat 19 personel marinir, sepuluh personel komunitas pendaki Tramp Club, dan enam jurnalis. Perjalanan tersebut direncanakan sekitar 12 hari. Tim itu sendiri akan berangkat pada Minggu (9/8/2015) dan kembali pada Jumat (21/8/ 2015).

Puncak Carstenz adalah salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia. Puncak ini berada di ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut. Puncak tersebut diselimuti gletser (padang salju) tropika yang mendapat julukan "salju abadi".

Rute yang ditempuh tim dimulai dari Jakarta-Timika-Sugapa-Ugimba-Tambua-Carstenz. Menurut salah satu anggota tim, Sabar Gorky, mereka akan mendaki melalui jalur Timika yang masuk kawasan pertambangan PT Freeport Indonesia.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi yang turut hadir pada pelepasan tersebut berpesan kepada tim agar senantiasa merendahkan diri menggapai puncak gunung. “Meski latihan sudah dilaksanakan jauh hari sebelumnya, tetapi saya tetap meminta agar tim ini menyiapkan fisik dan mental,” ujar Ade.

Kadispen Komar. Letkol Mar. Suwandi mengataklan bahwa ekspedisi Marinir ke puncak Pyramid Carstensz merupakan rangkaian kegiatan Korps Marinir TNI AL dalam rangka menyambut HUT RI ke- 70. “Ini bertujuan menyampaikan pesan kepada dunia bahwa TNI akan menjaga setiap jengkal wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dari Sabang sampai Marauke,” tuturnya.

Tim akan dipimpin oleh Letkol Marinir Ferry Marpaung yang beranggotakan 35 orang. “Ada 19 personel marinir, 10 personel Tramp Club di antaranya ada pendaki tuna daksa Sabar Gorky, dan enam orang dari media,” ungkapnya.

Selain upacara pelepasan, pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan lomba melukis dengan tema Selamatkan Kehidupan Pesisir untuk Masa Depan Dunia yang diikuti oleh para pelajar sekolah dasar. (Noor Irawan Ranoe)

BAGIKAN