Tuesday, 1 September 2015

Rifat Rebut Juara Umum di Kejurnas IXOR 2015 Seri 4

 "Karena  perjuangan kita tidak sia-sia, dari bawah merangkak ke atas, tidak menyerah dengan keadaan,  dan akhirnya kita mampu untuk meraih juara pertama."
Serang (Zonaasatu.co.id) – Offroader, Rifat Sungkar (RFT Motorsport) berhasil meraih juara pertama untuk kategori kejuaraan umum dengan catatan waktu 6 menit 45,498 detik pada ajang Kejuaraan Nasional Speed Offroad, Indonesia Xtreme Offroad Racing (IXOR) 2015 putaran empat yang berlangsung di Sirkuit Taman Wisata Tembong Jaya, Serang, Banten pada tanggal 29-30 Agustus akhir pekan kemarin. Selain itu Rifat juga sukses meraih podium kedua di kelas G6.4 dan juara ketiga di kelas Free For All (FFA).

Pada putaran kali ini, keberuntungan berpihak pada Rifat. Atlet senior otomotif Indonesia ini  sempat mengalami masalah pada pressure fuel pump saat laga di SS1,  yang mengakibatkan mobilnya melaju tersendat, sehingga harus puas menempati posisi kedelapan di Grup FFA dan posisi keempat di kelas G6.4.

Tim mekanik daari RFT Motorsport pun segera menangani kendala pressure fuel pump yang terjadi di SS1. Hasilnya, Rifat berhasil menyelesaikan SS2 tanpa kendala dan berhasil menyodok ke posisi kelima grup FFA dan posisi kedua di kelas G6.4 dengan catatan waktu 3 menit 26,323 detik terpaut 12,021 detik dengan H. Samsuddin yang berada di posisi pertama.

Di hari kedua, Minggu 30 Agustus 2015, di  SS3, saat menjalani putaran pertama setelah jumping tinggi, kendaraan sempat kehilangan tenaga akibat knalpot putus yang menghilangkan torsi yang cukup banyak dan top speednya, namun Rifat dengan Mitsubishi Pajeronya tetap dapat mencatatkan waktu dengan baik 3 menit 19,553 detik. Atas raihan tersebut Rifat kembali memantapkan posisinya di urutan keempat grup FFA. Sekali lagi, tim mekanik bergerak cepat menanggulangi masalah knalpot tersebut sebelum memasuki SS4.

Kegigihan dan optimisme Rifat terus berlanjut di SS4. Selisih waktu antara posisi keempat dan ketiga group FFA adalah sekitar 2.5 detik. Walaupun suhu udara di sirkuit Tembong Jaya cuaca cukup panas ditambah lintasan yang sangat berdebu, Rifat berhasil memangkas selisih waktu tersebut sehingga setelah menyelesaikan 4SS, Rifat yang ditemani navigator M. Redwan berhasil menduduki posisi ketiga group FFA. Catatan waktu total Rifat adalah 13 menit 43,058 detik. Sementara posisi pertama diraih oleh H.Samsudin dan kedua oleh Douglas.

Setelah para offroader menyelesaikan 4SS, maka 20 offroader tercepat berhak mengikuti babak kejuaraan umum atau yang biasa dikenal dengan nama Champ Of The Champ. Di babak ini, tantangan bagi Rifat semakin bertambah karena dia harus berhadapan dengan kendaraan-kendaraan lain yang lebih canggih dan mumpuni. Namun berkat kemampuan dan pengalamannya, serta dukungan tim mekanik yang cepat dan sigap untuk mempersiapkan dan mensetting kendaraan dengan baik, maka hasil Juara Umum bisa diperolehnya.

Duel sengit dengan pebalap muda Doni Syahputra selama dua SS  di babak Champ Of The Champ berlangsung sangat menarik dan menegangkan. Di SS5, Rifat unggul tipis, selisih hanya sekitar 1 detik, Di SS terakhir, sempat tertinggal di awal-awal, tetapi akhirnya Rifat bisa unggul 3,762 detik. Pertarungan ini pun dituntaskan oleh Rifat dengan catatan waktu  6 menit 45,498 detik dan sekaligus meraih juara pertama kejuaraan umum.

"Sangat memuaskan, sangat sangat memuaskan sekali." Tutur Rifat. " Karena  perjuangan kita tidak sia-sia, dari bawah merangkak ke atas, tidak menyerah dengan keadaan,  dan akhirnya kita mampu untuk meraih juara pertama." lanjut Rifat Sungkar.

Dalam kejuaraan yang sama, adik pebalap Rifat Sungkar, Rizal Sungkar yang juga turun mengendarai Mitsubishi Pajero Sport, berhasil meraih posisi pertama di kelas G6.2 dengan total catatan waktu 14 menit 20, 183 detik. Rizal bersaing ketat dengan pebalap belia asal Kalsel Jhoni yang menempati posisi kedua.

Selanjutnya Rifat Sungkar, harus segera mempersiapkan diri lagi untuk mengikuti putaran lima  Indonesia X-Offroad Racing Kejuaraan Nasional Speed Offroad 2015 akan kembali digelar pada 19-20 September mendatang di Semarang, Jawa Tengah. (Noor Irawan Ranoe)

BAGIKAN