Friday, 21 August 2015

Pengganti Mayjen Agus Sutomo Sebagai Pangdam Jaya Masih Digodok


Jakarta (Zonasatu.co.id) - Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, mengatakan, calon pengganti Panglima Kodam Jaya yang saat ini masih dirangkap Mayor Jenderal TNI Agus Sutomo, tengah disiapkan.

"Nominasinya masih disiapkan," kata Gatot kepada wartawan usai dipanggil Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (20/8).

Seperti diketahui bahwa Agus Sutomo sendiri sebelumnya telah dipromosikan menjabat sebagai Komandan Komando Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI AD, posisi jabatan yang diduduki seorang Letnan Jendera aktif.

"Pasti TNI-lah, pasti pernah menjabat di TNI AD, pasti pangkatnya mayor jenderal," kata Nurmantyo, saat diminta memberi "bocoran" pada unggulan itu.

Dia juga mengatakan proses penggantian ini harus sesuai aturan yakni malalui mekanisme Dewan Kepangkatan Tinggi TNI (Wanjakti)

Posisi Dankodiklat TNI AD juga pernah dijabat Gatot, yang menggantikan seniornya, Letnan Jenderal TNI Lodewijk Paulus.  Baik Lodewijk maupun Agus, sebelumnya sama-sama berkarir di lingkungan Korps Baret Merah alias Kopassus TNI AD.

Sepertinya Presiden Joko Widodo masih belum menyetujui beberapa calon nama yang telah disodorkan KSAD Jenderal TNI Mulyono. Seperti diketahui bahwa sejak jaman orde baru, jabatan seperti Danjen Kopassus, Pangkostrad, Pangdam Jaya, Pangdam III/Siliwangi sepertinya harus persetujuan presiden karena ring dekat kekuasaan.

Agus memiliki kepedulian tinggi pada aspek kemasyarakatan, di antaranya konsisten memperbaiki dan mengawal revitalisasi Sungai Ciliwung. Dia juga aktif mengembangkan calon moda transportasi sungai untuk dilayarkan di Sungai Ciliwung, yang dia namakan Airboat.  Langkah ini mendapat dukungan nyata dan konsisten dari masyarakat setempat, yang mendapat manfaat ekologis, dan ekonomis dari kebersihan dan kelancaran aliran Sungai Ciliwung itu.

Mayjen Agus menjabat Dan Kodiklat TNI AD, menggantikan posisi Letjen TNI Lodewijk Freidrich Paulus yang pensiun. Serah terima jabatan Agus dan Lodewijk sudah dilakukan, sedangkan pada 10 Agustus 2015 lalu. Sementara  serah terima Pangdam Jaya belum dilakukan karena belum ditentukan penggantinya.

Seperti diketahui bahwa pada Rabu (19/8/2015) kemarin, Mabes TNI kembali merilis mutasi dan promosi jabatan bagi perwira tinggi TNI. Namun dalam rilis tersebut masih belum ada nama pengganti Agus Sutomo sebagai Pangdam Jaya. Sementara Pangdam I/Bukit Barisan yang sebelumnya masih dirangkap Mayjen TNI Edy Rachmayadi yang sebelumnya sudah mendapatkan promosi sebagai Pangkostrad akan diisi oleh Mayjen TNI Lodwijk Pusung yang saat ini menjabat sebagai Panglima Divisi Infanteri 1/Kostrad. (Noor Irawan Ranoe)

BAGIKAN