Thursday, 27 August 2015

Waspada, ISIS Jadikan Media Sosial Sebagai Alat Propaganda


Malang (Zonasatu.co.id) – Merebaknya paham radikal ISIS yang menyasar pada generasi muda Indonesia khususnya kalangan akademisi di perguruan tinggi membuat Hamidin Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) prihatin.

Dalam paparannya yang berjudul “Membangun sinergitas dengan perguruan tinggi dalam pencegahan ISIS” Hamidin menjelaskan jika saat ini kelompok radikal ISIS sudah memiliki kemampuan yang cukup baik dalam melakukan proses perekurtan. Salah satunya yang paling banyak dilakukan adalah melalui jejaring media sosial.

“Mereka (ISIS) menggunakan jejaring media sosial seperti facebook, twitter, youtube dan sebagainya untuk mencari anggota baru yang awalnya didahului dengan diskusi – diskusi agama dan yang dijadikan sasaran adalah anak muda” jelasnya saat memberikan pengarahan di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya, Malang, Jatim (27/08/2015).

Hamidin juga menjelaskan selain melalui dunia maya, ISIS juga melakukan perekurtan melalui pendekatan kekeluargaan, pertemanan, penyusupan ke sejumlah lembaga pendidikan sampai dengan membentuk kelompok studi yang bertemakan agama. (AS)

BAGIKAN