Tuesday, 15 September 2015

AS : RI Pegang Peranan Penting Ciptakan Perdamaian Dunia

"Tidak hanya berpengaruh, Indonesia bahkan dapat memimpin atau menjadi moderator, sehingga dapat membantu diskusi dan komunikasi berbagai negara yang memiliki konflik maupun ketidakcocokan,"
Bali (Zonasatu.co.id) - Kepala Staf Angkatan Darat Amerika Serikat, Jenderal Mark A. Milley mengapresiasi Indonesia yang memiliki peran penting di dunia. Tentara Indonesia, kata Mark, merupakan tentara yang terlatih secara profesional dan dibekali peralatan yang baik pula.

Hal itu disampaikan Milley ketika membuka konferensi internasional bertajuk Pacific Armies Chiefs Conference IX dan Pacific Armies Management Seminar XXXIX yang dibuka pada hari Senin, 14 September 2015 di Nusa Dua, Bali.

"Indonesia memiliki pengaruh di dunia. Indonesia merupakan organisasi besar, profesional, dilatih dengan baik, dibekali dengan baik dan dilengkapi dengan baik pula, sehingga memiliki kemampuan dan peran penting di kawasan Asia," ujar Milley.

Menurut dia, dengan sikap profesional itu, maka Indonesia dapat memiliki peran penting dan berpengaruh di kawasan.

"Tidak hanya berpengaruh, Indonesia bahkan dapat memimpin atau menjadi moderator, sehingga dapat membantu diskusi dan komunikasi berbagai negara yang memiliki konflik maupun ketidakcocokan," ungkap dia.

Salah satu contoh yang dikemukakan Milley adalah konflik di Laut China Selatan. Pada konflik saling klaim itu, Milley melihat Indonesia dapat menjadi mediator dan mengurai konflik berkepanjangan.
"Indonesia dapat mendorong negara di kawasan ini untuk berdiskusi dan melakukan mediasi agar tercipta kesepakatan tanpa harus ada kekerasan," kata Milley.

Tak hanya itu, Milley juga menilai Indonesia telah banyak berperan bagi terciptanya perdamaian dunia.

"Indonesia juga sudah memiliki pengalaman cukup lama dan pengaruh penting bagi terwujudnya pengamanan dunia," kata dia. (SRK/Viva)

BAGIKAN