Thursday, 24 September 2015

AS Siap Tempatkan Bom Nuklir Baru di Jerman, Rusia Waspada


Moskow (Zonasatu.co.id) - Amerika Serikat (AS) dilaporkan akan menempatkan bom nuklir terbaru mereka di Jerman. Laporan ini membuat pemerintah Rusia, yang merupakan rival AS, mulai waspada.

Menurut seorang sumber di Kementerian Pertahanan Rusia, pihaknya tengah menyelidiki kebenaran dari laporan tersebut. Setelah itu, seperti dilansir Reuters pada Rabu (23/9/2015), Rusia baru akan memutuskan langkah apa yang akan mereka ambil berikutnya.

"Rusia mungkin akan menyebarkan rudal balistik Iskander di wilayah Kaliningrad, jika AS benar-benar memperbaharui senjata nuklirnya di Jerman. Namun, semua keputusan akan diambil setelah analisa mengenai laporan dan tingkat ancaman dari penempatan senjata ini selesai," ucap sumber itu dalam kondisi anonim.

Berdasarkan laporan sebuah media Jerman, disebutkan bahwa AS pada semester ketiga tahun ini akan menepatkan bom B61, yang merupakan bom nuklir terbaru mereka di pangkalan udara Buchel, di Jerman.

Pangkalan udara yang berada di bagian Barat Jerman itu adalah satu-satunya pangkalan udara Jerman yang menyimpan bom nuklir AS. Pangkalan itu sudah menerima bom nuklir AS sejak tahun 2007, dan hingga saat ini setidaknya sudah menyimpan sekitar 20 bom nuklir milik AS. (SRK/SindoNews)

BAGIKAN