Tuesday, 1 September 2015

Buruh Kepung Istana, Jokowi-Menko Polhukam Gelar Pertemuan

Buruh saat berdemo menuntut kenaikan upah didepan Istana Kepresidenan, Jakarta
Jakarta (Zonasatu.co.id) - Ribuan buruh bakal mendatangani Istana Negara di Jakarta Pusat pada Selasa (1/9/2015) sekira pukul 09:00 WIB. Mereka berunjukrasa menolak pemberlakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karena melemahnya rupiah terhadap Dollar AS.

Pada saat buruh demo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan dengan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Panjaitan.

Menurut keterangan tertulis Biro Pers Istana Kepresidenan, Jokowi menerima kedatangan Luhut tepat pukul 09.00 WIB. Berarti pertemuan itu dilakukan saat massa mengepung Istana guna menyuarakan tuntutan buruh.

“Acara Presiden RI, Istana Merdeka pukul 09.00 Wib, menerima Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan,” demikian keterangan pihak Istana. Meski begitu tidak disebutkan tema yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut.

Sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, selain menolak kebijakan PHK, pihaknya juga menuntut penurunan harga sembako dan BBM.

Buruh juga meminta kenaikan upah pada 2016, untuk menjaga daya beli pekerja. Bahkan, buruh menolak RPP Pengupahan yang hanya berbasis inflasi plus dan PDB, serta Revisi KHL dari 60 item menjadi 84 item. (CSE/OkeZone)

BAGIKAN