Wednesday, 16 September 2015

Sungai Silugonggo Dangkal, Nelayan Pati Terancam Mata Pencahariannya

Inilah kondisi sungai Silungonggo, Pati, endapan lumpur membuat sungai jadi dangkal dan sulit dilalui perahu nelayan
Pati (Zonasatu.co.id) – Petani dan nelayan Dukuh Ngantru, Mustokoharjo, Pati terancam kehilangan mata pencahariannya sebagai nelayan karena sungai yang jadi tempat mencari ikan mengalami pendangkalan yang mengakibatkan perahu nyaris tidak bisa jalan. Selain itu sampah terlihat menggenang  dimana – mana sehingga tidak sedap dipandang mata.

Hal inilah yang menjadikan nelayan maupun warga bantaran sungai silugonggo geram. Ironisnya  pemerintah daerah (Pemda) Pati seolah kurang peka dengan adanya kondisi ini. Seperti yang disampaikan Sumadi salah satu warga setempat yang juga turut merasakan dampak dari lambannya penanganan sungai oleh Pemda Pati.

"Dangkalnya sungai dialiran silugonggo tepatnya Dukuh Ngantru Mustokoharjo nelayan maupun warga lainnya menjadi susah dalam mencari ikan yang diakibatkan sungai dangkal” kata Sumadi kepada wartawan, minggu (13/09/2015).

Dengan adanya pendangkalan, bukan hanya nelayan yang terancam mata pencahariannya, para petani yang menjadikan aliran sungai Silungonggo sebagai sumber pengairan atau irigasi sawah juga akan mengalami nasib yang sama. (Aristarkhus)

BAGIKAN