Sunday, 25 October 2015

Hujan Siram Riau, Warga Bersyukur


 Sejumlah wilayah di Provinsi Riau akhirnya diguyur hujan. Meski dalam intensitas sedang, hujan yang berlangsung sejak pukul 17.00 WIB tersebut diambut syukur oleh warga.

"Alhamdulillah akhirnya hujan. Semoga hujan terus sampai besok pagi biar kabut asap hilang," ujar Muhammad Roni, warga setempat, Sabtu 24 Oktober 2015.

Pengunjung Mal Ramayana Pekanbaru, Ardanis, juga mengaku gembira mendengar hujan turun. Ia dengan beberapa temannya langsung keluar mal hanya untuk melihat hujan turun.

"Semoga kabut asap segera berakhir. Alhamdulillah," ujarnya spontan.

Sebelumnya, Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Slamet Riyadi, mengatakan bahwa di Riau memang berpeluang terjadi hujan.

"Secara umum, cuaca wilayah Provinsi Riau berawan dan diselimuti kabut asap. Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di wilayah Riau bagian timur, utara, dan tengah pada sore serta malam hari," ujarnya.

Sementara itu, angin secara umum bergerak dari arah timur selatan dengan kecepatan 5-15 knot. Menurut pantauan satelit sore ini, dia melanjutkan, di Sumatera terdapat 117 titik api.

Dari jumlah tersebut, sebagian besar berada di Sumatera Selatan, 95 titik. Selebihnya di Jambi satu titik, Lampung lima titik, Bangka Belitung 14 titik, dan Bengkulu dua titik. Sedangkan Riau nihil.

"Info visibility pukul 16.00 WIB tadi di Pekanbaru 400 meter. Di Indragiri Hulu masih 200 meter. Sedangkan di Dumai sudah 1.000 meter. Di Pelalawan kondisinya hujan disertai petir dengan jarak pandang 1.000 meter," katanya. (Lahuri/Viva)

BAGIKAN