Saturday, 24 October 2015

Indonesia akan membeli persenjataan amphibi dari Jepang dalam waktu dekat

"Itu multi function bisa untuk SAR, pemadam kebakaran, patroli pengawasan di pulau terpencil, penanganan cepat kecelakaan di laut, dropping logistik sampai terjunkan pasukan TNI di berbagai lokasi," 
 Indonesia akan membeli persenjataan amphibi dari Jepang dalam waktu dekat. Perundingan baru dimulai antara pihak Indonesia yang diwakili KBRI di Tokyo dengan pihak Jepang.

"Presiden kita sudah meningkatkan kerjasama pertahanan melalui Perjanjian Bidang Pertahanan yang ditandatangani pada kunjungan Presiden ke Tokyo beberapa waktu lalu dan salah satu implementasinya adalah wacana pembelian amphibi ini, dan kini kita sedang bicarakan soal teknisnya," papar Ben Perkasa Wakil Duta Besar Indonesia di KBRI Tokyo khusus kepada Tribunnews.com pagi ini Jumat (23/10/2015).

Amphibi US-2 yang akan dibeli Indonesia itu masih dalam proses pembicaraan khususnya dengan pembuatnya, Shin Maywa perusahaan Jepang.

"Itu multi function bisa untuk SAR, pemadam kebakaran, patroli pengawasan di pulau terpencil, penanganan cepat kecelakaan di laut, dropping logistik sampai terjunkan pasukan TNI di berbagai lokasi," papar Tawakal Syaifulhaq, mantan atase pertahanan KBRI Tokyo yang hari ini serah terima dengan pejabat yang baru Ian Fuady.

Mesin amphibi tersebut butuh take off dan landing hanya butuh jarak 350 meter di laut, "Bisa berjalan pada ketinggian ombak 3 meter. Sangat baik sekali khususnya bagi Indonesia yang memiliki banyak pulau bagi pertahanan dalam negeri Indonesia," tambahnya.

Penawaran dari ShinMaywa US-2 telah dilakukan dan presentasi sudah dilakukan dengan harga sekitar 100 juta dolar AS per unit. (SRK/TribunNews)


BAGIKAN