Thursday, 1 October 2015

Menko Polhukam sebut pemerintah tak akan minta maaf pada PKI

"Siapa memaafkan siapa, karena kedua pihak ada terjadi, kalau boleh dikatakan korban, jadi saya pikir tidak sampai ke situ (meminta maaf)," 
Zonasatu.co.id - Menko Polhukam Luhut Pandjaitan mengatakan, pemerintah belum ada rencana untuk meminta maaf soal peristiwa PKI. Namun demikian, Luhut mengaku bila saat ini konsep rekonsiliasi atas kasus PKI sedang dikaji.

"Ndak ada pikiran sampai situ, barusan saya bicara dengan presiden kita tidak ada pikiran sampai minta maaf minta maaf mengenai masalah peristiwa PKI," kata Luhut di Istana, Jakarta, Rabu (30/9).

Luhut menegaskan, pemerintah saat ini sedang merumuskan bagaimana rekonsiliasi terhadap beberapa pelanggaran-pelanggaran HAM berat masa lalu.

"Yes, itu yang kita lakukan. Nanti kita lihat bagaimana hasilnya," tegasnya.

Menurut Luhut, format konsep rekonsiliasi yang pas akan diselaraskan dengan cara-cara ke-Indonesiaan. Luhut menambahkan, korban dari peristiwa G30S PKI itu bukan hanya dari simpatisan PKI.

"Siapa memaafkan siapa, karena kedua pihak ada terjadi, kalau boleh dikatakan korban, jadi saya pikir tidak sampai ke situ (meminta maaf)," tutup Luhut. (SRK/Merdeka)

BAGIKAN