Sunday, 25 October 2015

Polhukam : Ini Sebab TNI Jadi Institusi Paling Dipercayai Publik


 Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjadi salah satu lembaga yang mendapatkan tingkat kepercayaan paling tinggi dari masyarakat Indonesia. Hal ini dilihat, berdasarkan hasil survei Centre For Strategis And International Studies (CSIS).

"Tingkat kepercayaan tertinggi dari publik diberikan kepada TNI sebesar 90 persen dan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) sebesar 80 persen berdasarkan hasil survei kami," ujar Peneliti CSIS, Arya Fernandes dalam diskusi bertajuk 'Setahun Pasca Pilpres 2014: Antara Kepercayaan Publik vis-a-vis Aktor-aktor Politik' di Hotel Century Park, Minggu 25 Oktober 2015.

Arya menjelaskan, salah satu faktor yang membuat tingkat kepercayaan publik semakin bertambah kepada TNI, adalah adanya keseriusan TNI dalam melakukan reformasi internal.

"Tingkat kepercayaan publik terhadap TNI tidak lepas dari buah reformasi secara terus menerus di tubuh, atau internal TNI. Selain itu, publik juga semakin percaya dan mengapresiasi TNI yang tidak mau terjun ke politik lagi," kata dia.

Ironisnya, dari sembilan lembaga atau institusi negara yang disurvei oleh CSIS, Dewan Pewakilan Rakyat justru menduduki peringkat paling rendah.

Berikut, urutan hasil survei CSIS tentang kepercayaan publik terhadap institusi; TNI (90 persen), KPK (80 persen), Presiden (79,7 persen), Wakil Presiden (75,2 persen), Mahkamah Konstitusi (71,2 persen), Badan Pemeriksan Keuangan (68,1 persen), Kepolisian (63,5 persen), Dewan Perwakilan Daerah (60,1 persen), dan Dewan Pewakilan Rakyat (53 persen). (SRK/VivaNews)

BAGIKAN