Sunday, 8 November 2015

Ashton Carter Tegaskan Opsi Militer Berlaku terhadap China

”Kami pasti mengawasi China dan kami mengambil khusus untuk memastikan kami tetap menghadapi kemampuan militer China,”
 Bos Pentagon atau Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Ashton Carter, menegaskan bahwa AS bertekad menempatkan opsi penggunaan kekuatan militer terhadap China. Hal itu disampaikan dalam pidato sambutannya di di Pearl Harbor, Hawaii, hari Jumat.

”Kami pasti mengawasi China dan kami mengambil khusus untuk memastikan kami tetap menghadapi kemampuan militer China,” kata Carter. ”Ini dibangun dalam anggaran kami,” lanjut Carter, seperti dikutip Sputnik, Sabtu (7/11/2015).

Menteri Pertahanan AS itu singgah di Hawaii setelah melakukan pembicaraan dengan rekan-rekan Asia-nya di Malaysia.

”Kebijakan kami terhadap wilayah ini tidak satu untuk membagi atau mengecualikan, mencegah China atau orang lain. Kebijakan kami adalah salah satu dari inklusi,” imbuh Carter.

Pada hari Kamis lalu, Carter naik kapal induk nuklir AS, USS Theodore Roosevelt di Laut China Selatan. Aksi itu menunjukkan sinyal AS untuk tetap mempertahankan kehadiran Angkatan Laut AS di wilayah yang jadi sengketa antara China dan negara-negara ASEAN itu. Aksi Carter itu membuat para pejabat China marah karena dianggap sebagai provokasi terang-terangan.

”Kami prihatin tentang kegiatan mereka (China) di Laut China Selatan,” kata Carter. Kendati demikian, dia tetap akan mengupayakan penyelesaian konflik Laut China Selatan secara diplomatis. (CSE/SindoNews)

BAGIKAN