Thursday, 17 December 2015

Australia Tak Takut dengan Ancaman China


 Austalia akan tetap melakukan penerbangan pengawasan di atas Laut China Selatan, meski diancam akan ditembak. Menteri Pertahanan Australia, Marise Payne menegaskan, Canberra tidak akan tunduk pada tekanan China.

Payne menyatakan, bahwa penerbangan pengawasan di atas Laut China adalah bagian rutin dari peran Australia dalam membantu menjaga stabilitas dan keamanan regional.

"Kami selalu menavigasi dengan cara yang sangat konstruktif di kawasan itu," katanya kepada para wartawan, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (17/12/2015).

Sebelumnya, China memperingatkan Australia yang melakukan penerbangan diatas Laut China Selatan dan memperingatkan akan kemungkinan tindakan militer terhadap hal itu.

"Semua orang selalu berhati-hati, tapi akan malu jika suatu saat pesawatnya jatuh dari langit dan itu mungkin saja terjadi pada Australia," begitu surat kabar milik China, Global Times China, memperingatkan Australia.

Sebelumnya, sebuah pesawat pengintai milik militer Australia berjenis P-3 Orion terbang melintasi Laut China Selatan. Australia menyatakan bahwa penerbangan itu adalah dalam rangka kebebasan bernavigasi penerbangan di Laut China Selatan. (SRK/SindoNews)

BAGIKAN