Saturday, 12 December 2015

Satgas Pamtas Yonif 521/DY Dan MK 5 Briged Melakukan Patroli Bersama


 Tentara Nasional Indonesia Satgas Pamtas Yonif 521/Dadaha Yodha Pos Seimanggaris Gabungan ( Komando Kompi B ) melaksanakan Patroli Terkoordinasi Gelombang I ( Patroli Gabungan ) dengan MK 5 Briged Pasukan Infanteri Tentara Diraja Malaysia ( TDM ) untuk mengadakan pengecekan dan pemantauan terhadap patok-patok yang ada di perbatasan kedua Negara.

Upacara pembukaan pemberangkatan Patroli Terkoordinasi Indonesia-Malaysia dilaksanakan di Lapangan Komando Kompi B, Satgas Pamtas Yonif 521/DY Pos Simanggaris Gabungan. Bertindak sebagai Irup dalam Upacara tersebut adalah Komandan Korem 091/ASN, Brigjend TNI Teguh  Arif Indratmoko. Sedangkan dari Negara Tetangga Hadir Panglima Briged 5 Infanteri Tentara Diraja Malaysia Brigjend Dato Pahlawan Mohd Anuar Bin Rijaluddin, beberapa Perwira dan Pasukan MK 5 Briged sebanyak 1 Peleton. Pasukan yang akan melaksanakan Patroli terdiri dari dua kelompok dengan komposisi, kelompok I ( 1 SST ) terdiri dari tiga regu yaitu dua regu dari Indonesia dan satu Regu Malaysia dengan Komandan Peleton dari Indonesia yaitu Letnan Dua Infanteri Jatmiko. Sedang kelompok II terdiri dari tiga Regu yaitu dua Regu Malaysia dan satu Regu Indonesia.

Komandan Korem 091/ASN mengatakan bahwa Patroli Bersama yang dilakukan ini adalah bertujuan untuk mempermudah Koordinasi dan mencegah/menghindari terjadinya kesalah pahaman antar dua Negara. Selain itu dengan Patroli gabungan ini diharapkan akan mempererat tali silaturahmi antar dua Institusi yang berbeda Negara. Sehingga dapat terwujud suatu kerjasama yang baik antara Militer Indonesia dan Militer Malaysia.

Sedangkan tujuan utama Patroli bersama ini adalah untuk mengecek dan memantau patok-patok yang ada di perbatasan Indonesia-Malaysia, serta memantau kegiatan masyarakat yang berada di batas kedua Negara ini.

Setelah upacara pembukaan pemberangkatan itu, komandan Korem 091/ASN dan Panglima MK 5 Briged saling bertukar cendera mata, dilanjutkan Foto bersama dan di akhiri dengen pemberangkatan pasukan yang melaksnakan Patroli.

Kegiatan Patroli Bersama ini akan berlangsung selama 6 hari, mulai di buka hari senin, 7 Desember dan rencana akan ditutup pada tanggal 12 Desember 2015 dilapangan Adi Mitra Kecamatan Sei Manggaris. (Pendam V/Brw)

BAGIKAN