Sunday, 7 February 2016

Alumni Lemhanas Angkatan 45 Deklarasikan Komitmen Lestarikan Lingkungan

Jakarta, Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) Angkatan 45 mendeklarasikan diri untuk selalu berkomitmen menjaga dan  mencintai lingkungan hidup. Selama ini IKAL PPRA 45 sudah menyadari bahwa lingkungan hidup memiliki timbal balik dan saling mempengaruhi dalam kehidupan manusia.

Untuk itu IKAL 45 menentang adanya perusakan lingkungan seperti, perambahan alam dan suaka margasatwa, perburuan liar, penghancuran terumbu karang serta pembuangan sampah dan limbah sembarangan. IKAL 45 meminta kepada semua pihak untuk menjaga kelestariannya.

"Oleh karena itu kami menentang adanya pengerusakan seperti perambahan suaka alami, suaka margasatwa, perburuan liar dan penghancuran terumbu karang. Termasuk pembuangan sampah dan limbah yang tidak pada tempatnya," kata Ketua IKAL PPRA 45, Mayjen TNI Nugroho Widyotomo saat acara di Cilandak Driving Golf, Bumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (6/2/2016).

Menurutnya, lingkungan hidup merupakan titipan dari generasi ke generasi yang paling berharga, karenanya harus dijaga kelestariannya. "Ini merupakan kewajiban bagi kita untuk selalu memelihara lingkungan dan sesuai dengan program pemerintah yakni menjadikan Indonesia hijau," ujar alumni Akmil 1983 yang saat ini menjabat sebagai Irjenad ini

Dijelaskannya, IKAL PPRA Angkatan 45 merupakan alumni Lemhanas yang diisi oleh orang-orang dari berbagai macam latar belakang dan profesi. Semua mendukung sepenuhnya upaya pelestarian alam serta kompak, profesional dan solid dalam mendukung program penghijauan.

"Kita dari masing-masing profesi miiki program lakukan penghijauan dengan kerjasama dengan instansi terkait," ucap pria yang dibesarkan di Korps Baret Merah, Kopassus TNI-AD ini

Dan pihaknya juga berharap, program penghijauan ini tidak hanya dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan saja, tapi seluruh kementerian, lembaga dan instansi terkait untuk bergerak bersama.

"Kami juga menyadari bahwa kami adalah bagian dari masyarakat yang mendukung pelestarian lingkungan. Ini tanggung jawab kita semua dan butuh memerlukan keseriusan dan aksi nyata bukan sekadar ceremony saja," ucap pria yang pernah menjabat sebagai Pangdam II/Sriwijaya ini.

Ditempat yang sama Ketua Panitia Pelaksana IKAL PPRA 45 yang juga Komandan Korps Marinir (Dankomar) Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana, menuturkan, Korps Marinir sendiri selama ini sangat menyadari sepenuhnya arti penting lingkungan bagi kehidupan manusia.

"Kami juga menyadari dampak negatif dari sebagian aktifitas manusia yang tidak bertanggungjawab dengan merusak lingkungannya," kata Buyung yang merupakan alumni AAL tahun 1983 ini.

Dalam rangkaian kegiatan, Ikatan Alumni Lemhanas Angkatan 45 juga sekaligus menggelar reuni yang diikuti ratusan peserta. Kegiatan reuni diisi berbagai rangkaian pelestarian lingkungan seperti pelepasan bibit ikan, penandatanganan deklarasi piagam pelestarian lingkungan hidup hingga outbound di kawasan Bhumi Marinir Cilandak

BAGIKAN