Monday, 29 February 2016

Peduli Banjir Sampang, Baznas Jatim Kirim Sembako dan Tim Kesehatan


 Ribuan rumah terendam banjir akibat luapan Sungai Kemuning  yang menggenangi sebanyak 12 kelurahan dan desadi Kabupaten Sampang, Madura sejak Jumat (26/2). Sebagai wujud rasa peduli, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Timur mengirimkan sembako dan tim kesehatan.

Kepala Divisi Pendistribusian Baznas Jatim,Chandra Asmaa,mengatakan masyarakat yang menjadi korban banjir masih membutuhkan bantuan seperti makanan siap saji dan posko kesehatan. Pihaknya saat ini dalam proses memobilisasi seluruh potensi yang dimiliki dan berkoordinasi dengan Baznas se-Jawa Timur.

“Dalam tiga hari ke depan tanggap darurat bencana banjir Sampang. Pihaknya fokus pada penyediaan makanan siap saji, posko kesehatan dan pendistribusian bantuan logistik lainnnya,” terang Chandra dikonfirmasi, Senin (29/2).

Ia mengungkapkan dukungan dari Baznas daerah lain juga cukup besar, misalnya Baznas Pamekasan telah mengirimkan tenaga kesehatan dan sembako. Demikian juga relawan tim kesehatan dari Klinik Al-Ikhlas Baznas Jatim dan Rumah Sehat Baznas Sidoarjo, yang Senin (29/2) pagi ini memberikan layanan berobat gratis di Masjid Al-Islah Sampang.

Wakil Ketua Baznas Jatim Bidang Pendistribusian, KH Abdurrahman Navis menambahkan tidak hanya mobilisasi relawan, penggalangan  bantuan untuk korban banjir di Sampang juga terus digiatkan oleh Baznas Jatim. “Untuk beberapa hari ke depan yang dibutuhkan oleh pengungsi diantaranya adalah makanan siap saji, air bersih, susu dan popok untuk bayi serta pembalut wanita,” ujarnya.

Kiai Navis menuturkan Baznas Jatim juga telah menyiapkan Posko Kesehatan di Kantor MUI Sampang. Tempat tersebut dipilih karena lokasinya yang strategis. “Baznas Jatim juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk memberikan bantuan untuk meringankan beban saudara kita yang ditimpa musibah banjir. Bantuan dapat ditransfer ke rekening Baznas Jatim di Bank Mandri nomor 1410034346767,” ungkapnya.

Selain bantuan tersebut, sambung, Kiai Navis, Baznas Jatim juga akan memberikan bantuan dalam rangka pemulihan pasca terjadinya banjir.

Relawan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pamekasan bersama instansi terkait juga masih terus bergerak memberikan bantuan kepada korban terdampak banjir.  “Kami sejak Ahad pagi sudah mendistribusikan makanan siap saji dan air mineral namun terkendala keterbatasan perahu karet untuk mengirimkan bantuan ke lokasi bencana. Ditambah lagi listrik disini padam”, tukas dodong mewakili Baznas Pamekasan.

Akibat banjir yang merendam kawasan kota itu, ribuan warga Kecamatan Sampang Kota terpaksa mengungsi ke lokasi yang aman dan  kawasan yang lebih tinggi. Beberapa desa yang terendam banjir di antaranya Desa Gunung Maddeh, Panggung, Pekalongan, Pangilen, Pasean, Kemuning, Tanggumung, dan Banyumas. Sementara itu, empat kelurahan di wilayah Sampang Kota yang terendam banjir meliputi Kelurahan Delpenang, Rong Tengah, Gunung Sekar, dan Karang Dalem. Ditaksir ada sekitar 1600  rumah terendam banjir dengan ketinggian antara 70 sentimeter hingga 1,7 meter. (Adi/Kominfo)

BAGIKAN