Wednesday, 24 February 2016

Pegawai Dinkes Tegal Meraih Predikat Penulis Naskah Terbaik Versi PPI Perancis

Patriawati Narendra diruang rapat Bapelkes, Semarang
“Salah satu hal yang membuatku tertarik pada Perancis adalah Napoleon Bonaparte, dibalik ketegasan beliau terselip pelajaran leadership yang sangat berharga. Napoleon berkata “I am follow the people, am I not a leader?”
 Menarik, seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Patriawati Narendra (35) telah berhasil menyabet predikat sepuluh penulis naskah terbaik pada lomba menulis esai “MozaHeksa Berbagi Buku” yang diadakan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Perancis Februari 2016.

Ada dua tema yang diajukan oleh MozaHeksa, “Merangkai Motivasi Mimpi Belajar di Prancis” dan “Aku, Indonesia, dan Prancis” namun Nana panggilan akrab Patriawati Narendra lebih memilih tema pertama yaitu Merangkai Motivasi Mimpi Belajar di Perancis dengan judul esai “Kutambatkan  Mimpiku di Perancis”.

Alasan Nana memilih tema pertama dikarenakan dia sejak dulu sudah bercita-cita ingin melanjutkan pendidikannya hingga keluar negeri terutama Perancis.

“Kebetulan memang saya sedang melangkah menuju meraih mimpi, maka saya ambil tema yang pertama (Merangkai Motivasi Mimpi Belajar di Prancis)” Tulisnya saat dikonfirmasi.

Selain itu, ketertarikan Nana mengikuti lomba menulis naskah yang diadakan PPI Perancis tak lain juga karena kekagumannya pada sosok Napoleon Bonaparte sang pemimpin legendaris Perancis yang dipandangnya sebagai sosok leader sejati.

“Salah satu hal yang membuatku tertarik pada Perancis adalah Napoleon Bonaparte, dibalik ketegasan beliau terselip pelajaran leadership yang sangat berharga. Napoleon berkata “I am follow the people, am I not a leader?” sungguh pemimpin yang sangat mengerti rakyatnya” Tulis nana diawal.

Menurutnya bekerja sebagai PNS Dinkes bukan suatu halangan bagi dirinya untuk terus mengeksplorasi keahliannya dalam hal tulis menulis. Sebaliknya ibu dua anak ini justru mendapatkan banyak pengetahuan berdasarkan pengalamannya bekerja sebagai staf Dinkes.

Nana adalah salah satu Sarjana Kesehatan Masyarakat lulusan Universitas Diponegoro, Semarang yang saat ini mengabdikan diri sebagai PNS Dinkes Kabupaten Tegal.  Ada segudang prestasi lainnya yang pernah diraih Nana diantaranya juara satu Speech Contest dan juara satu AMINEF Fulbright dalam rangka memperingati hari Pahlawan 10 November 2015. Dengan terpilihnya esai Nana dalam sepuluh besar naskah terbaik versi PPI Prancis diharapkan mampu menjadi motivasi bagi rekan-rekan PNS lainnya untuk tidak ragu mengasah diri.

Perlu diketahui PPI Prancis merupakan satu induk organisasi besar yang membawahi PPI-PPI lainnya yang berada di wilayah dan sampai saat ini ada 20 PPI Wilayah diseluruh Prancis dan beranggotakan lebih dari 450  pelajar Indonesia. (SR)

BAGIKAN