Monday, 7 March 2016

Tim Ekspedisi NKRI Padamkan Kebakaran Hutan


 Tim Jelajah Ekspedisi NKRI Subkorwil-8/Kaimana membantu memadamkan kebakaran hutan yang terletak kurang lebih 500 meter dari Polres Kaimana, Papua Barat, kebakaran hutan mencapai seluas 6 hektar. Sebanyak dua mobil Pemadam Kebakaran (Damkar), turut dikerahkan untuk memadamkan tiga titik api di hutan dan rawa, sementara itu tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, Minggu (6/3/2016).

Dansubkorwil-8/Kaimana, Mayor Caj Thomas Barus mengatakan, kejadian bermula sekitar pukul 14.00 WIT, saat Tim Ekspedisi menerima pembekalan dari Babinsa Kampung Lobo Distrik Kaimana di Poskotis Stadion Triton. Saat paparan berlangsung, tiba-tiba udara dipenuhi asap tipis dan serpihan abu yang titik lokasinya tepat di belakang Polres Kaimana.

“Saya langsung memerintahkan Tim Jelajah untuk membantu Kapolres memadamkan sumber api yang memang tak jauh dari Poskotis dengan titik api di belakang Polres Kaimana. Penyebab secara umum kemungkinan seperti yang sudah-sudah, pembakaran lahan oleh masyarakat, karena ini kan lahan masyarakat, jadi mereka membuka lahan berkebun dengan cara membakarnya,” kata Mayor Caj Thomas

Sementara itu, Kapolres Kaimana AKBP Rudy juga menghimbau masyarakat yang ingin membuka lahan untuk tidak membakar hutan, kalaupun harus dibakar alangkah baik bilamana ditunggu hingga selesai agar tidak meluas dan menyebabkan kebakaran hutan.

“Saya tahu Tim Ekspedisi kalau sudah masuk hutan terobos terus. Terima kasih dibantu oleh tim ekspedisi, saya salut dengan Tim Ekspedisi,” ujar AKBP Rudy. (SRK/Puspen TNI)

BAGIKAN