Monday, 2 May 2016

Bendera Raksasa Berkibar di Perbatasan, Peringati Kembalinya Papua ke NKRI dan Hari Pendidikan Nasional


 Bendera Merah Putih telah berkibar diperbatasan RI – PNG, tidak seperti biasanya bendera yang dikibarkan kali ini adalah bendera Merah Putih raksasa seberat 50 Kg untuk memperingati 43 tahun kembalinya Papua ke dalam NKRI, Senin (2/5).

Danyon 411 Letkol Inf Nandang mengatakan jika kegiatan yang dilaksanakan di perbatasan RI – PNG tersebut adalah bagian dari peringatan kembalinya Papua ke dalam NKRI sekaligus Hari Pendidikan Nasional.

Oleh karena itu selain pengibaran bendera Merah Putih yang akan dipusatkan di mercusuar yang terletak di atas tebing di perbatasan RI-PNG juga akan dilakukan pengarahan tentang bela negara.

"Ceramah tentang bela negara akan diberikan kepada para pelajar sehingga menimbulkan rasa cinta terhadap tanah air," kata Letkol Inf Nandang.

Ketika ditanya situasi keamanan di wilayah tugas Yonif 411, Letkol Inf Nandang mengaku, saat ini kondusif namun anggota tetap bersiaga dengan melakukan patroli di sejumlah kawasan yang diduga menjadi perlintasan ilegal bagi warga kedua negara.

Menurut dia, tercatat 16 jalan setapak yang diduga menjadi perlintasan bagi warga RI dan PNG di wilayah tugas Yonif 411.

Bendera Merah Putih raksasa seberat 50 kg dengan lebar 15 meter dan panjang 22,5 meter itu akan menggantikan bendera yang berukuran kecil.

Yonif 411, merupakan salah satu batalyon penugasan yang tergabung dalam satuan tugas pengamanan perbatasan RI-PNG.

BAGIKAN