Tuesday, 10 May 2016

Yonif Para Raider 330/TD Kostrad Dipercaya Jaga Perbatasan RI-PNG


Divisi Infanteri (Divif) 1 Kostrad untuk kesekian kalinya mendapatkan kepercayaan dari Panglima TNI untuk melaksanakan pengamanan Perbatasan dan kembali mengirimkan 450 prajuritnya yang akan diberangkatkan ke Perbatasan wilayah Republik Indonesia Papua Nugini (RI-PNG).

Kini giliran satuan Batalyon Infanteri Para Raider 330/Tri Dharma Kostrad  yang mendapatkan kesempatan itu. Upacara pemberangkatan tersebut dipimpin oleh Kepala Staf Divisi Infanteri 1 Kostrad Brigjen TNI Agus Suhardi di Lapangan Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Ada sebanyak 450 prajurit yang dikirim dari satuan Yonif Para Raider 330/Tri Dharma Kostrad ini dengan dipimpin oleh Komandan Yonif Para Raider 330/Tri Dharma Kostrad Mayor Inf Kamil Bahrain Pasha  dengan menggunakan KRI TNI AL Teluk Manado-537, Senin (9/5/2016).

Dalam Amanat tertulis Panglima Divif 1 Kostrad Mayjen TNI Sudirman, S.H., M.M. yang dibacakan Kepala Staf Divisi Infanteri 1 Kostrad Brigjen TNI Agus Suhardi menyampaikan kepada seluruh prajurit satgas untuk memahami situasi dan kondisi wilayah perbatasan RI-PNG dengan permasalah dan ancaman yang mungkin timbul, serta lakukan analisa situasi dengan akurat agar terhindar dari kesalahan pengambilan keputusan.

“Oleh karena itu untuk menjaga nama baik satuan, Negara dan bangsa Indonesia, setiap permasalahan yang muncul supaya diadakan koordinasi dengan pihak-pihak terkait guna kelancaran tugas operasi,” ujar Pangdiv 1

Lebih lanjut alumni Akmil 1985 ini menekankan kepada satgas  untuk  melaksanakan pembinaan teritorial guna mendapatkan informasi dan mengatasi permasalahan masyarakat kedepan.

“Kedepankan sikap profesionalisme dalam melaksanakan tugas, tingkat keimanan kepada Tuhan yang Maha Esa,  tingkatkan soliditas dan tingkatkan kepedulian dengan masyarakat setempat,” ujar pria yang pernah menjadi Wagub Akmil ini.

Pada kesempatan tersebut, Panglima Kostrad  Letjen TNI Edy Rahmayadi juga berkesempatan memberikan  pengarahan. “Selain melaksanakan Pamtas RI-PNG, kalian juga harus melaksanakan tugas teritorial yaitu BinKomsos, Bakti TNI dan Bin Wanwil serta memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Papua khusus nya tempat kalian bertugas,” ujar Pangkostrad.

Turut menghadiri Upacara tersebut, Pangkolinlanmil, Kepala Biro Umum kemhan Brigjen TNI Dasano Indrasakti para Asisten Kaskostrad, Kapen Kostrad, para Asisten Kasdivif 1 Kostrad, Danbrigif Para Raider 17 / Kujang 1 Kostrad serta pengurus Persit Kartika Chandra Kirana  Koorcab Divif  1 Kostrad.

BAGIKAN