Saturday, 25 June 2016

Pangamarbar Pimpin Upacara Sertijab Danlantamal III



Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI A. Taufiq R, memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta, Jumat (24/6/2016).

Danlantamal III Brigjen TNI (Mar) R. M. Trusono, S.Mn., yang menjabat sejak sejak 21 Agustus 2015 dan sekarang ini telah menjabat Komandan Korps Marinir (Dankormar) TNIO-AL sejak Rabu (15/6/2016) lalu telah menyerahkan jabatan Danlantamal III kepada Kolonel Marinir I Ketut Suardana, SH

Kolonel Marinir I Ketut Suardana, SH., lahir di Gianyar Bali27 Mei 1962 merupakan  Alumni Akademi Angkatan Laut  XXXI  tahun 1986. Sebelum menjadi orang nomor satu di Lantamal III Kolonel Marinir I Ketut Suardana, SH menjabat sebagai Waka Pusjas Permildas TNI di Mabes TNI Cilangkap Jakarta.

Laksda TNI A. Taufiq R, mengatakan dalam sambutannya, serah terima jabatan merupakan proses regenerasi yang bertujuan untuk memantapkan kualitas kepemimpinan, mengembangkan kemampuan manajerial dan memperluas wawasan serta memperkaya pengalaman.

“Jabatan Komandan Lantamal III merupakan jabatan yang sangat penting dan strategis, karena merupakan salah satu pembina utama komponen sistem senjata armada terpadu,” kata Pangarmabar.

Menurut Pangarmabar, wilayah kerja Lantamal III merupakan wilayah perairan yang sangat strategis di mulai dari perairan Cirebon, Jakarta, Bangka Belitung dan Palembang. Wilayah tersebut memiliki obyek vital yang membutuhkan pengamanan perairan yang ekstra serta adanya alur laut kepulauan Indonesia dari Selat Sunda sampai dengan Selat Karimata.

“Terlebih Jakarta sebagai Ibukota negara dan pusat perekonomian nasional yang telah dicanangkan sebagai titik sentral pelabuhan utama dalam konsep tol laut yang rawan terhadap terjadinya gangguan keamanan di laut maupun ancaman berupa pelanggaran wilayah,” ujarnya

Hadir dalam acara serah terima jabatan tersebut antara lain Walikota Jakarta Utara mewakili Gubernur DKI Jakarta, pejabat teras Mabesal dan Kotama TNI AL, para mantan komandan dan wadan Lantamal III, para pejabat forum musyawarah pimpinan daerah dan instansi maritim Provinsi Jakarta, para direktur industri jasa maritim, para mitra kerja dan para undangan lain.

Selesai upacara militer dilanjutkan dengan acara pisah sambut Danlantamal III dari Brigjen TNI (Mar) R. M. Trusono, S.Mn kepada Kolonel Marinir I Ketut Suardana, SH, dii gedung serba guna Mako Lantamal III. Rangkaian kegiatan sertijab Danlantamal III diakhir dengan tradisi pelepasan pejabat lama Brigjen TNI (Mar) R. M. Trusono, S.Mn dan penyambutan Danlantamal III yang baru Kolonel Marinir I Ketut Suardana. (Noor Irawan)

BAGIKAN