Friday, 12 August 2016

Kapal Motor Lintas Biru Nusantara Terbakar, 6 Penumpang Tewas

 
Sebuah Kapal Motor Lintas Biru Nusantara dengan rute Raha-Maligano terbakar di perairan Selat Buton saat sedang perjalanan mengantar penumpang Minggu (6/8/2016), sekitar pukul 13.00 WITA.

Dari keterangan yang berhasil diperoleh, kebakaran diduga berasal dari percikan api mesin yang kemudian menyambar bagian selang bahan bakar dan seketika membakar badan kapal yang sebagian besar terbuat dari fiber.

"Saat mesin keempat dinyalakan, muncul percikan api dari mesin lalu membakar penampungan bahan bakar," Ujar motoris, La Noana yang saat itu sebagai nahkoda dan berada dekat dengan mesin.

Mengetahui kapal yang ditumpanginya terbakar seluruh penumpang KM. Lintas Biru Nusantara berlarian panik dan diantaranya ada yang berusaha menyeburkan diri ke laut untuk menyelamatkan diri.

"Semua penumpang lompat ke laut, untungnya kapal memiliki pelampung. Saya pun berusaha mengambil satu dan melemparkan sisanya ke penumpang lainnya dan tetap meminta kepada mereka tenang di air yang pada saat itu ombaknya tinggi, " tambah Danramil Maligano itu.

Berselang 10 menit kemudian, dua kapal nelayan yang berada di sekitar kejadian langsung datang memberi pertolongan, dengan membantu melemparkan pelampung dan mengangkat beberapa penumpang. (Luar Biasa, Seorang Diri Prajurit Ini Selamatkan Penumpang Kapal Dari Kebakaran)

Kejadian tersebut berlangsung selama kurang lebih 30 menit sebelum akhirnya seluruh badan kapal terbakar dan tenggelam di perairan Selat Buton.

Akibat peristiwa itu, 6 korban meninggal dunia, terdiri dari 4 orang dewasa dan 2 anak-anak. Selain itu, 7 korban lainnya dirawat di UGD Rumah Sakit Umum Daerah Muna.

BAGIKAN

0 comments: