Thursday, 11 August 2016

Kata Dandim Tuban Radikalisme Dapat Ditangkal Oleh 4 Pilar Ini

“Generasi bangsa kita jangan melupakan sejarah, mewaspadai munculnya faham radikal dengan jalan mewaspadai ancaman terorisme  dan jangan lengah,”
 Komandan Kodim 0811/Tuban, Letnan Kolonel Inf Sarwo Supriyo bertindak sebagai nara sumber pada acara silaturahmi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Forum Kerukunan Umat beragama (FKUB) yang berlangsung di Kompleks Pendopo Kridho Manunggal Tuban, Selasa (09/08/2016), dengan menyuguhkan materi upaya mempertahankan Empat Pilar kebangsaan di Tengah Ancaman Radikalisme, Komunisme dan Kerawanan Konflik Daerah.

Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf Sarwo Supriyo mengatakan,membangun rasa nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus terus digelorakan,untuk itu dengan kegiatan ini diharapkan bisa memperkokoh rasa nasionalisme terhadap NKRI dan semangat kebangsaan. “Kita semua punya tanggungjawab terhadap 4 pilar ini (Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika). Empat  pilar inilah yang memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Sarwo.

Dandim juga menjelaskan, ancaman bagi bangsa indonesia dewasa ini antara lain, Proxy War, wilayah  perbatasan negara Indonesia yang menjadi ancaman konflik akibat kepentingan politis dan strategis, ancaman Ideologi komunisme dan radikal lainnya yang mengancam keutuhan bangsa, penyebaran kader komunisme dengan gaya baru, ancaman konflik baru didaerah dengan munculnya isu SARA.     

“Generasi bangsa kita jangan melupakan sejarah, mewaspadai munculnya faham radikal dengan jalan mewaspadai ancaman terorisme  dan jangan lengah,” tegas Dandim Tuban.

Dandim menambahkan, kewaspadaan dan deteksi dini dalam rangka pencegahan dan penanganan konflik di masyarakat, baik itu meliputi konflik sosial, agama, maupun konflik kemasyarakatan lainnya harus mampu ditangani dan diselesaikan. Oleh sebab itu, perlu adanya pertemuan antara Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).  

“Mari kita sama-sama pererat persaudaraan seluruh warga masyarakat Tuban, komitmen kita untuk menjaga toleransi antar umat beragama ini harus tetap terjaga dengan baik,” ajak Dandim kepada seluruh undangan yang hadir pada acara tersebut.

BAGIKAN

0 comments: