Tuesday, 16 August 2016

Rumah Sakit Bantuan Lawang Selesai Dibangun dan Terintegrasi dengan SIMRS


 Warga Lawang kini boleh berbangga, pasalnya bertempat di Jl. Sumber Waras No.32, Kota Malang, Jawa Timur telah selesai dibangun dan diresmikan Rumah Sakit Umum tipe D milik TNI AD yakni Rumah Sakit Bantuan 05.08.04 Lawang yang berada di bawah naungan Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 05.04.03 Malang Kesdam V/Brawijaya.

Dalam operasionalnya RS Bantuan ini melayani pemeriksaan fisik, pemeriksaan EKG, dan pemeriksaan laboratorium seperti Kolesterol Total, HDL, LDL, TG dan Gula Darah Puasa.

Saat dikonfirmasi, Karumkitban Lawang Kapten Ckm (K) dr. Andina Wirathmawati mejelaskan jika proses pembangunan ini adalah bagian dari upaya Rumkitban Lawang dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

Menurutnya dengan lokasi rumah sakit yang berdekatan dengan satuan-satuan TNI AD dimana telah menjadikannya sebagai rumah sakit sandaran latihan (rujukan bagi personel TNI yang mengalami kecelakaan latihan dan sebagainya) membuat dirinya harus melakukan sebuah studi kelayakan (Feasibility Study) untuk  meningkatkan status rumah sakit menjadi Tingkat IV. Didukung dengan SDM Organik rumah sakit baik dokter spesialis, dokter umum dan perawat otomatis pelayanan kesehatan dan dukungan kesehatan rumah sakit menjadi meningkat. Selain itu dengan analisa SWOT yang dilakukan juga akan menambah beberapa pelayanan unggulan seperti Unit Hemodialisa.

Ada hal yang menarik, Rumkit Bantuan ini ternyata juga sudah menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yakni sebuah sistem informasi terintegrasi yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen Rumah Sakit, mulai dari pelayanan diagnosa dan tindakan untuk pasien, medical record, apotek, gudang farmasi, penagihan,  database personalia, penggajian karyawan, proses akuntansi sampai dengan pengendalian oleh manajemen.

“Ini adalah suatu pencapaian bagi Rumkitban Lawang dan kedepan kami ingin Rumah Sakit Bantuan ini dapat menjadi kebanggaan prajurit, PNS dan warga Lawang” Ucap Karumkitban Lawang Kapten Ckm (K) dr. Andina Wirathmawati dengan bangga.


Sebelumnya RS Bantuan ini telah diresmikan oleh Kakesdam V/Brawijaya Kolonel Ckm dr. Nirawan Putranto, Sp. M beberapa waktu lalu (22/4/2016) dengan melakukan penandatanganan Prasasti Poli Spesialis, dan Prasasti PPK 1 Klinik Brawijaya dihadapan para veteran dan warga Lawang serta tamu undangan yang menghadiri acara peresmian saat itu.


BAGIKAN

0 comments: