Friday, 23 September 2016

Mengejutkan, Koalisi Cikeas Resmi Calonkan Pasangan Agus Yudhoyono-Silvyana Dalam Pilgub DKI 2017


 Kabar mengejutkan datang disaat akhir pencalonan Gubernur DKI Jakarta 2017 dari koalisi kekeluargaan atau poros Cikeas. Koalisi dari gabungan Partai Demokrat(PD), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini akhirnya mengusung pasangan Agus Harmurti Yudhoyono (AHY) dan Sylviana Murni sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk pemilihan kepala daerah DKI Jakarta 2017.

Keputusan yang diambil pada Jumat dinihari, 23 September, ini sempat tertunda dua kali. Semula pasangan Agus Harmurti-Sylviana akan diumumkan pada Kamis, 21 September, pukul 12.00 wib. Namun deklarasi molor hingga hampir lima jam. Keterangan baru digelar pada pukul 17.30 wib di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, di Cikeas, Jawa Barat.

Konferensi pers itu pun belum menyebut nama calon. Ketua Umum PPP, Romahurmuziy, saat itu mengatakan mereka baru sepakat pada satu nama --tanpa menyebut nama tersebut.

"Yang pasti empat partai (Demokrat, PAN, PKB, PPP) sudah sepakat dengan satu nama calon. Sekarang berikan kami waktu untuk berkomunikasi dengan Gerindra dan PKS (Partai Keadilan Sejahtera)," kata Romahurmuziy.

Sebelumnya Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, mengatakan pengumumkan pasangan calon dari koalisi kekeluargaan akan diumumkan pada pukul 23.00 wib. Namun mereka baru mengumumkannya setelah lewat dinihari.

Dan setelah dinihari akhirnya nama Agus Harimurti Yudhoyono resmi dicalonkan sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan mantan Wali Kota Jakarta Pusat Sylviana Murni. Keduanya akan menjadi lawan bagi pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat di Pilgub DKI.

"Disepakati kandidat gubernur wagub 2017 adalah calon gubernur adalah Agus Harimurti Yudhoyono berpasangan dengan Sylviana Murni," ungkap Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Puri Cikeas, Bogor, Jumat (23/9) dini hari.

Setelah diumumkan, keempat partai yang masuk ke dalam Poros Cikeas segera mendaftarkan keduanya ke KPU DKI Jakarta. Pendaftaran akan dilakukan malam hari nanti. "Jam 19 nanti malam mendaftar ke KPUD," ucap Zulkifli.

Calon Kejutan
Munculnya nama Agus Harimurti sebagai bakal calon gubernur DKI yang diusung poros Cikeas ini tak begitu mengejutkan. Sebab namanya sudah beredar sehari sebelum keputusan diambil.

Selain itu, Agus Harimurti tak lain putra pertama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ketua Umum Partai Demokrat yang menjadi motor koalisi kekeluargaan.

Pencalonan Agus menjadi mengejutkan karena SBY pernah memberikan wejangan kepada para TNI dan Polri untuk tidak bercita-cita menjadi kepala daerah.

Sesorah tersebut diberikan dalam pengarahan kepada taruna, pengasuh, dan perwira TNI-Polri di Graha Samudra Bumi Moro, Markas Komando Armada Kawasan Timur, Surabaya, Selasa malam, 22 Desember 2009.

Saat itu SBY masih menjabat sebagai Presiden RI. Kepada para perwira, ia mengatakan sangat wajar jika mereka bercita-cita menjadi jenderal, laksamana, ataupun marsekal.

"Yang tidak benar kalau kalian memasuki akademi TNI Polisi lantas cita-citanya ingin menjadi bupati, walikota, gubernur, pengusaha, dan lain-lain. Tidak tepat," katanya.

Sampai koalisi mengumumkan Agus sebagai calon gubernur yang akan mereka usung, Agus sendiri masih berstatus sebagai sebagai Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kemuning, Kodam Jaya dengan pangkat Mayor.

Namun sebelum mencalonkan diri sebagai bakal calon gubernur ke KPUD Jakarta, Agus dipastikan akan mundur diri dari militer. Begitupun Sylviana akan meletakkan jabatannya sebagai Deputi Gubernur bidang Kebudayaan dan Pariwisata pada Pemprov DKI Jakarta. (Noor Irawan)

BAGIKAN

0 comments: