Saturday, 24 September 2016

Tidak Ada Ikatan Dinas, Agus Yudhoyono Akan Mundur Dari TNI Jika Maju Pilgub


 Putra mantan Presiden ke-6 RI, Mayor Inf. Agus Harimurti Yudhoyono bakal maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017 berdampingan dengan Sylviana Murni. Dengan majunya Agus tersebut lalu bagiamana dengan karirnya di TNI? 

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI MS. Fadillah menerangkan bahwa Mayor Inf Agus Harimurti sedang dalam proses pengunduran diri dari dinas militer. Selain itu ia juga menuturkan bahwa Agus Yudhoyono sedang tidak dalam ikatan dinas. Jadi tidak ada halangan bagi yang bersangkutan untuk mengundurkan diri atau pensiun dari TNI. 

“Saat ini yang bersangkutan tidak dalam ikatan dinas. Benar ada aturan tentang masa dinas bagi perwira karir 10 tahun. Dan sekarang ini sudah tidak ada embel-embel lagi, itu saja. Perwira non karir lebih pendek, boleh memperpanjang,” ujarnya di Jakarta, Jumat (23/9/2016). 

Tapi dia memastikan, Agus akan diberhentikan secara hormat dari Korps TNI, karena keputusan itu diambil bukan karena Agus melakukan kesalahan, melainkan mengundurkan diri. "Kewenangan pemberhentian dengan hormat dari dinas keprajuritan untuk level perwira menengah secara berjenjang, sudah diatur untuk dilalui mulai dari lingkungan TNI AD sampai ke Mabes TNI," tambahnya. 

Mengenai lama proses pengungduran diri Agus, menurutnya tidak ada jangka waktu pasti. Karena ada mekanisme yang mengatur dan saat ini dalam proses prosedural oleh yang bersangkutan.

"Kalau waktu relatif, nggak ada waktu saklek. Kayak buat SIM, ada yg sehari, tapi mungkin ada yg seminggu. Tergantung. Karena mungkin dinamika yg dibutuhkan cepat bisa saja cepat, yang penting semua prosedur dilalui," terangnya.

Majunya Agus Harimurti Yudhoyono bernama Sylviana Murni didukung oleh empat partai. Koalisi ini meliputi Partai Demokrat, PAN, PPP, dan PKB. Hari ini, rencananya pasangan ini akan mendaftar ke KPUD menjadi peserta Pilgub DKI Jakarta 2017 (Noor Irawan)

BAGIKAN

0 comments: