Monday, 24 October 2016

Hujan Lebat, Jalan Pasteur Bandung Berubah Jadi Sungai

 Hujan deras yang mengguyur Kota Bandung sejak pukul 11.30 hingga 13.30 wib pada Senin (24/10/2016) siang ini, menjadi hari yang membawa duka bagi Warga Bandung. Hal tersebut membuat  Jalan Pasteur yang merupakan protokol yang merupakan salah satu pintu keluar masuk kota Bandung berubah menjadi 'sungai'. Banjir cileuncang yang tepat di depan Bandung Trade Center (BTC) ini menyergap pintu masuk Kota Bandung dan merendam ban mobil yang melintas.

Akibar dari banjir tersebut, Jalan Ir Juanda (Dago), Jalan Layang Pasupati, Jalan Cihampelas, dan Jalan Cipaganti mengalami antrean kendaraan panjang yang parah. Rupanya, hal tersebut juga diamini oleh para netizen yang mengalami banjir di Bandung.

Berdasarkan kiriman foto dari Nitizen, Heny Firdawati, mengatakan bahwa Jalan Pasteur menjadi 'lautan'. Paling parah depan mal BTC, ketinggian air sampai merendam ban mobil. Bahkan motor yang memaksa untuk melintas menjadi mogok. Hanya beberapa kendaraan yang berani melintas. "Pasteur banjir parah, sebaiknya jangan lewat sini," ujar Heny yang kantornya berada di Jalan Pasteur ini. Saat ini, hujan masih turun meski tidak lagi deras.

Seperti yang diungkapkan oleh akun @ndwtf di Twitter, "seumur-umur baru kali ini liat Pasteur banjir jadi kayak sungai gini," tulisnya beserta foto kawasan Pasteur yang tergenang banjir dari ketinggian.

Di Instagram, @ogiego mengatakan, "banjir pasteur depan BTC. (Senin, 24 Oktober 2016 pukul 13.30) Sebaiknya menghindari jalur jalan layang pasoepati dan pasteur ataupun arah sebaliknya. Macet total bro," tulisnya beserta foto banjir depan BTC. 

Berkaitan dengan banjir dan macet yang terjadi di Bandung, Wakasatlantas Polrestabes Bandung, Kompol Santiadji buka suara. "Ada genangan 1 meter sehingga terjadi lumpuh total dari Timur ke Barat kalau arah sebaliknya sudah mulai bisa," kata Santiadji kepada wartawan di Jembatan Layang Pasupati, Kota Bandung.

Hingga saat ini pihaknya masih berusaha untuk mengurai kemacetan akibat banjir. "Kita sedang berusaha mengurai kemacetan dengan mengarahkan para pengendara menggunakan jalur alternatif. Ini kejadian baru terjadi setelah hampir dua tahun. Untuk penyebabnya masih belum diselidiki," jelas Santiadji.

Namun banjir di Jalan Pasteur itu tak berlangsung lama. Selama kurang lebih satu jam banjir telah surut. Sejumlah petugas dan karyawan BTC, tampak membersihkan sisa endapan lumpur di pusat perbelanjaan tersebut. Selain itu, banjir yang diduga akibat buruknya sistem drainase di Jalan Pasteur membuat pengelola SPBU 34-40116 menutup operasi SBPU tersebut untuk sementara waktu.

Saat ini, sejumlah petugas SPBU tersebut tampak membersihkan sisa sampah yang terbawa akibat luapan air dan lumpur akibat banjir di depan SBPU tersebut.

Sebelumnya banjir menggenangi ruas Jalan Pasteur Kota Bandung, Senin, akibat diguyur hujan besar selama beberapa jam yakni dari sekitar pukul 11.30 sampai 13.30 WIB. (Dhenar Risanda)

BAGIKAN

0 comments: