Wednesday, 12 October 2016

Lokasi Dipindah, Jadwal Kongres Pemilihan PSSI Bisa Saja Mundur


 Kota Jakarta  telah ditunjuk sebagai lokasi untuk digelarnya Kongres Pemilihan PSSI. Padahal, sebelumnya PSSI telah menunjuk Makassar dan ada rekomendasi dari Kemenpora yang memilih Yogyakarta.

Ditunjuknya Makassar tidak lepas dari pertemuan anatara perwakilan PSSI, Azwan Karim dan Hinca Panjaitan, serta Ketua Komite Pemilihan PSSI, Agum Gumelar dengan Menpora, Imam Nahrawi, Rabu (12/10). Pertemuan tersebut telah menghasilkan dan memilih Jakarta sebagai lokasi Kongres pada 17 Oktober mendatang.

Namun, sekjen PSSI, Azwan Karim akan terlebih dahulu melakukan komunikasi dengan FIFA dan AFC terkait perubahan tersebut. Pasalnya dalam statuta PSSI pasal 28 ayat 2 menyebutkan perubahan lokasi harus diberitahukan kepada pemilik suara minimal delapan minggu sebelum kongres digelar.

Azwan mengaku tidak ingin melanggar statuta federasi sepak bola di Indonesia tersebut. Pasalnya, hingga saat ini para pemilik suara, FIFA, dan AFC hanya tahu Kongres Pemilihan bakal digelar di Makassar.

"Kalau ada perubahan tentu harus dilakukan delapan minggu sebelumnya, karena menyesuaikan dengan statuta. Itu yang PSSI tidak mau melanggar aturannya sendiri. Makanya itu kami harus konsolidasikan dengan FIFA dan AFC," kata Azwan Karim.

"Jika diizinkan oleh FIFA dan AFC tetap jalan. Kalau tidak akan ada konsekuensinya yaitu mundur delapan bulan. Jadi ini bukan keinginan PSSI atau dibuat-buat. Ini aturan yang sudah sesuai dengan statuta," jawabnya. (Noor Irawan)

BAGIKAN

0 comments: