Friday, 21 October 2016

Masyarakat Diminta Bersama-sama Amankan Pilkada Serentak

 Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan pendekatan kepada masyarakat di daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak, untuk memastikan keamanan wilayahnya.

Soedarmo, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum di Kemendagri, mengatakan pihaknya terus melakukan dialog dan pendekatan kepada seluruh masyarakat dan tim sukses pasangan calon yang maju dalam pilkada. Hal itu dilakukan untuk memastikan situasi aman selama penyelenggaraan pilkada serentak.

“Kami juga melakukan pendekatan dengan para pendukung pasangan calon. Kami minta mereka membuat kesepakatan pemilu damai, dan siap menang ataupun kalah. Peran kami di sini hanya mendukung KPU yang menyelenggarakan pilkada,” katanya, Kamis (20/10/2016).

Soedarmo menuturkan dialog dengan tokoh agama dan masyarakat di daerah yang menyelenggarakan pilkada pada 2017 juga dilakukan untuk mengantisipasi kampanye hitam yang menggunakan isu SARA.

Menurutnya, Kemendagri juga akan mengundang partai politik pendukung seluruh pasangan calon yang maju dalam pilkada. Pertemuan itu dilakukan untuk meminta kontribusi partai politik dalam menciptakan situasi yang kondusif selama penyelenggaraan pilkada.

“Demokrasi sudah berjalan baik jangan dikotori dengan hal kecil yang sebenarnya dapat diselesaikan secara damai,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan seluruh pasangan calon kepala daerah harus bersikap dewasa, dan mengikuti seluruh aturan yang telah ditentukan. Sejumlah jalur hukum pun sudah disediakan sebagai saluran untuk menyampaikan ketidakpuasan para pasangan calon. (Noor Irawan)

BAGIKAN

0 comments: